GPMB Paser : Bunda Literasi akan Tingkatkan Minat Baca di Paser

 

 

PASER, Gerbangkaltim- Berdasarkan data UNESCO, tingkat literasi Indonesia berada di urutan kedua dari bawah. Minat baca bangsa Indonesia saat ini sangat rendah hanya 0,001 persen. Artinya dari 1.000 orang Indonesia cuma satu orang yang rajin membaca, padahal budaya membaca sangat bermanfaat bagi semua orang. Dengan membaca kita dapat menemukan hal-hal baru, menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat berpikir secara kritis.

“Buku yang kita baca akan sangat membantu wawasan kita dalam berpikir dan bertindak, sekaligus mengambil suatu keputusan,” kata Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser Dr. Kasrani, M.Pd saat dimintai tanggapannya setelah Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Paser. Senin (14/3).

“Selamat dan sukses atas pengukuhan Bunda Literasi Ibu Sinta Fahmi Fadli, S.AP yang juga sebagai Istri Bupati Paser, Insya Allah kehadiran Bunda Literasi mampu meningkatkan Budaya dan Minat Baca di Kabupaten Paser menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)” ucap Kasrani.

Ia menambahkan “PD GPMB Kabupaten Paser mendukung dan akan bekerjasama dengan Bunda Literasi untuk terus membangun minat baca di tengah masyarakat, mendorong pembuatan pojok baca dan perpustakaan di masing-masing desa hingga struktur yang palih bawah di Kabupaten Paser.

Sebagai bangsa yang ingin maju dan sukses harus meyakini bahwa jalan terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan ilmu.

“Dengan ilmu, maka kesuksesan akan kita peroleh melalui belajar dan membaca,” jelas Kasrani.

Kasrani juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Paser atas dukungan yang diberikan untuk GPMB dan Pengembangan Literasi di Kabupaten Paser.
” Mari saling membantu jadikan budaya membaca sebagai pondasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan,” harap Kasrani.

Gerakan Literasi sebagai upaya mewujudkan SDM yang berkualitas harus dimulai sejak usia dini.

“Karena sejak usia dinilah nantinya akan menjadikan suatu kebiasaan yang akhirnya akan menjadi satu budaya pada masyarakat, dengan Budaya Baca yang tinggi Insya Allah akan mewujudkan Paser yang Maju, Adil dan Sjahtera atau PASER MAS, ” Kata Kasrani mengakhiri penjelasannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: