Pemkot
Dalam rangka HUT ke 126 Kota Balikpapan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan (DKK) menggelar menggelar kegiatan Gebyar Germas di sebanyak 64 titik lokasi se Kota Balikpapan, Minggu (5/2/2023).

HUT ke 126 Kota, Pemkot Balikpapan Gelar Germas di 64 Titik Secara Serentak

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Kesehatan Kota Balikpapan (DKK) menggelar menggelar kegiatan Gebyar Germas di sebanyak 64 titik lokasi se Kota Balikpapan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 126 Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan deteksi dini terhadap beberapa penyakit diantaranya kolesterol, asam urat, tekanan darah juga gula darah. Dan selain itu, diberikan pula vaksinasi Booster ke 2 Covid-19. Dimana disiapkan sebanyak 7.000 tes reagen dan 3.500 dosis vaksin dengan dukungan sebanyak 640 orang tenaga kesehatan kota Balikpapan.

“Kami menurunkan 640 tenaga kesehatan, naik dari Dinkes UPT Puskesmas, lab rumah sakit, hingga Poltekkes kita sama sama demi mencapai sasaran deteksi dini kasus hipertensi dan diabetes pada masyarakat,”ujarnya, Minggu (5/2/2023).

Dio sapaan akrabnya mengatakan, dalam kesempatan itu, DKK Kota Balikpapan juga mengkampanyekan “Hidup Sehat Tanpa Gula” kepada masyarakat sehingga kampanye tersebut diharapkan dapat menekan angka kasus diabetes di kota Balikpapan.

“Kita sekaligus mengkampanyekan untuk hidup sehat dengan mengurangi gula pada konsumsi makanan dan minuman kita agar masyarakat kota Balikpapan terhindar dari penyakit diabetes,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan kegiatan ini dilakukan karena banyaknya masyarakat yang terjangkit diabetes.

“Kita ingin mengkampanyekan hidup manis tanpa gula. Karena banyaknya yang terindikasi dengan penyakit diabetes,” ujarnya.

Sehingga itu berharap, acara yang tersebar di beberapa daerah kota Balikpapan tersebut dapat menggalakkan budaya hidup sehat pada masyarakat.

“Mudah mudahan dengan kampanye kita, bisa menyemarakkan hidup kita di hari tua panjang umur dan sehat, “ tutupnya.

Bersamaan dengan itu, seluruh warga Kota Balikpapan juga melaksanakan kerja bakti massal untuk membersihkan lingkungan di RT-nya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *