JPM Paser Daya Taka Siap Bergotong-royong Bumikan Pancasila 

image_pdfimage_print

SAMARINDA, Gerbangkaltim.com – Setelah dibentuk, Jejaring Panca Mandala (JPM) Paser Daya Taka bersama JPM lain dari Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, Kamis (6/10/2022) di Samarinda mendeklarasikan diri bergotong royong membumikan Pancasila di bumi etam dihadapan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasia (BPIP), Prof. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi, dan 10 pimpinan daerah lainnya.

Para JPM ini berkomitmen menjalankan program konkret untuk masyarakat Kaltim.

JPM yang terdiri dari 5 unsur, Pemerintah, pengusaha, akademisi, organisasi masyarakat, dan media massa ini sebelumnya telah mendapat penguatan pembinaan ideologi Pancasila dari BPIP, mulai 4-5 Oktober 2022 di Kota Samarinda.

Lima anggota JPM Paser Daya Taka antara lain Zulkifli SH (ormas), Setio Jatmiko ( pemerintah), Lukman Sardi ( pendidik), Achmad Haikal Adiwena ( dunia usaha), dan Ropi’i SE ( media/pers).

Kepala BPIP, Prof. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. mengungkapkan, bangsa Indonesia harus sadar, bangsa yang besar sebagai karunia yang wajib disyukuri.

“Setiap orang ditantang untuk mengisi waktu dengan berguna. Kita wajib bersyukur, caranya dengan menjaga persatuan”, ungkap Prof. Yudian.

Profesor lulusan Harvard University itu menambahkan, dengan persatuan dan kesatuan, Bangsa Indonesia akan semakin kuat dan maju.

Kepala BPIP juga memberi motivasi kepada para JPM untuk bersemangat menjadi teladan Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

“Harapan saya jaga baik-baik NKRI. Mari kita sama-sama berusaha mewujudkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari”, ajak Yudian.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser, Hj. Hatimah, mengatakan JPM merupakan mitra Kesbangpol dalam membumikan dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila.

“Forum ini untuk mendukung Kesbangpol dalam melaksanakan tugas kesatuan bangsa dan politik,” kata Hatimah.

JPM, kata Hatimah, merupakan duta Pancasila di daerah yang bersinergi dengan Kesbangpol sekaligus Mitra BPIP dalam memelihara nilai-nilai Pancasila.

Tugas JPM, lanjut dia, yakni mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat.

“JPM berkolaborasi dan sinergi dalam pembinaan ideologi Pancasila di Kabupaten Paser,” tutur Hatimah

Setelah dikukuhkan, para JPM Paser Daya Taka akan melakukan aksi konkret, di antaranya, penguatan ideologi Pancasila dan karakter kebangsaan melalui kegiatan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *