Ilustrasi tower Internet

Kecamatan Sepaku akan Dapatkan Prioritas Pelayanan Internet Telkom, Persiapan Pemindahan IKN ke Kaltim

image_pdfimage_print

Paser, GerbangKaltim.com – Pemerintah sangat serius mempersiapkan pemindahan Ibukota Negara ke IKN  Kalimantan Timur.

Berbagai fasilitaspun akan didapatkan Kecamatan Sepaku yang menjadi pusat IKN tersebut sejak pembangunan hingga selesai nantinya.

Satu di antaranya prioritas mendapatkan layanan internet yang cepat dari Telkom sebagai penyedia layananan.

Dilansir dari Antara.com, Sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yakni Kecamatan Sepaku sebagai kawasan inti Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara mendapat prioritas untuk pemenuhan jaringan internet.

Di wilayah tersebut juga akal dibangun BTS (base transceiver station) atau menara komunikasi di wilayah itu.

Pemenuhan jaringan internet KIPP (kawasan inti pusat pemerintahan) IKN Nusantara menjadi prioritas, kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara, Herlambang di Penajam, Rabu, sehingga diperlukan pembangunan BTS.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bersama PT Telkom Indonesia (Persero) melakukan pendataan wilayah yang belum tersentuh sinyal komunikasi atau internet (blank spot).

Pemenuhan jaringan internet kawasan IKN Indonesia baru mendapat perhatian atau prioritas Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pemerintah kabupaten hanya melanjutkan program pemenuhan jaringan internet yang tertunda karena terkendala anggaran.

Sedangkan untuk peningkatan layanan jaringan internet di kawasan IKN Nusantara masuk dalam prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, sebagai dukungan terhadap program desa digital.

Menyangkut wilayah yang belum tersentuh sinyal komunikasi atau internet, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta penyedia jasa internet (provider).

“Masih ada tujuh daerah yang ‘blank spot’, Desa Labangka dan Desa Sumber Sari di Kecamatan Babulu, Desa Bukit Subur dan Kelurahan Sesumpu di Kecamatan Penajam, serta Desa Karang Jinawi di Kecamatan Sepaku,” jelas Herlambang.

Diskominfo Kabupaten Penajam Paser Utara telah mempersiapkan jaringan internet untuk meningkatkan layanan masyarakat dan pemasangan WiFi untuk kantor pemerintahan tingkat kabupaten maupun kelurahan dan desa.

Dalam penyediaan dan pemenuhan layanan internet di daerah berjuluk “Benuo Taka” itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero).

Diskominfo Kabupaten Penajam Paser Utara terus berupaya meningkatkan layanan internet untuk mendukung pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara.

Pendataan wilayah yang belum tersentuh sinyal komunikasi atau internet terus dilakukan untuk memperkuat jaringan internet agar seluruh masyarakat mendapat layanan.****

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *