Pemkot
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi

Kehadiran BSW Kominfo Memudahkan Disdukcapil

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan menyatakan dengan adanya aplikasi Balikpapan Single Window (BSW) akan semakin mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan Kota Balikpapan, Hasbullah Helmi mengatakan, hadirnya aplikasi BSW akan semakin memudahkan masyarakat supaya mau urusan apapun ada dalam satu dashboard, salah satunya ada aplikasi layanan dokumen-dokumen di Disdukcapil Kota Balikpapan.

“Nanti masyarakat ada dua opsi bisa langsung ke website milik Disdukcapil Kota Balikpapan, bisa juga melalui Balikpapan Single Window, jadi intinya lebih memudahkan. Kalau lewat Balikpapan Single Windows artinya mau ke Disdukcapil, DLH, Disnaker semua diintegrasikan,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

Disdukcapil, katanya, sangat mendukung adanya aplikasi Balikpapan Single Window, karena semakin banyak tempat aplikasi semakin baik, karena saat mengklik Disdukcapil di aplikasi BSW maka secara otomatis akan larinya ke website Disdukcapil.

“Aplikasi kami satu, cuma di dalam aplikasi tersebut banyak layanan, kita gak mau satu aplikasi satu layanan, lebih baik satu aplikasi menunya banyak,” paparnya.

Hemi menjelaskan, dalam satu hari yang mengakses ke aplikasi Disdukcapil hingga 2 ribu layanan, sementara KTP lebih banyak yang mengaksesnya.

“Dalam satu bulan saja, bisa mencapai 19 ribu yang akses aplikasi kami. Dan sampai dengan sekarang sudah 900 ribu yang akses sementara jumlah penduduk Kota Balikpapan 700 ribu jiwa, dan itu potensi buat PAD kita, misalnya kita buatkan iklan diwebsite. Mudah-mudahan ini ada aturan dan regulasinya,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Dinas Komunikasi dan Informatika meluncurkan Balikpapan Single Window atau integrasi sistem pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan layanan publik, bersama tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Balikpapan Single Window ini diprakarsai oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan, Adamin Siregar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *