Keluarga korban Sriwijaya Air SJ182 bertemu dengan pihak KNKT yang dipimpin Kapten Nurcahyo, Senin 31 Oktober 2022. KNKT berjanji merilis FR kecelakaan tersebut awal November mendatang. Foto: Keluarga Korban

Keluarga Korban Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 Temui KNKT, Ini Hasil Pembicaraan Terkait Final Report Kecelakaan: Rilis FR Awal November

Jakarta, GerbangKaltim.com – Keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 mengambil langkah berani menindaklanjuti keluhan lambannya rilis Final Report (FR) kecelakaan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Keluarga korban yang diwakilkan empat orang yakni Yuris, Tata, Rafiq dan Meizar langsung mendatangi kantor KNKT di jalan Medan Merdeka Timur No.5 Gedung Perhubungan Lantai 3, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Kedatangan keluarga korban tersebut disambut langsung oleh Kasubdit Kasubdit Investigator KNKT merangkap Ketua IIC SJ182 Kapt. Nurcahyo.

Dari pertemuan tersebut, KNKT berjanji segera melakukan rilis FR kecelakaan SJ182 yang menewaskan 53 orang penumpang dan 10 orang awak tersebut.

Salah seorang keluarga korban Tata menyampaikan dirinya sengaja berangkat ke Jakarta untuk keperluan bertemu dengan KNKT.

“Dari Pontianak kami bertiga yang datang, saya sendiri bersama Pak Rafiq dan Pak Yuris. Kami sengaja datang mempertanyakan tanggal rilis FR SJ182,” ujarnya kepada KalimantanUpdate.com,Senin 31 Oktober 2022.

Tata menyebut, KNKT berjanji akan segera merilis FR SJ182 paling lambat minggu kedua bulan November 2022.

“Antara tanggal 6 sampai 11 November 2022 mereka berjanji merilis FR tersebut,” ujarnya.

Sebelum rilis FR dilakukan, KNKT berjanji akan terlebih dahulu bertemu keluarga korban dan media massa untuk penjelasan awal.

“Nanti semua keluarga korban akan dikumpulkan di dua tempat yakni Jakarta dan Pontianak untuk mendapatkan penjelasan tentang FR ini, baru akan dilakukan rilis resmi,” katanya.

Sementara keluarga korban lain, Meizar A Rani, memberikan apresiasi atas sambutan pihak KNKT atas kedatangan keluarga korban Sriwijaya Air SJ182.

“Kita memberikan apresiasi luar biasa kepada KNKT terkait kunjungan hari ini. Mereka welcome sekali dan memberikan apresiasi kedatangan keluarga korban,” ujarnya.

Membenarkan apa yang disampaikan keluarga korban lain, Meizar menyebut KNKT sudah berkomitmen segera merilis FR Sriwijaya Air SJ182.

“Iya betul,antara tanggal 6 sampai 11 November 2022 mereka berjanji merilis resmi FR tersebut,” katanya.

Tak hanya itu, KNKT juga berjanji akan mengupload FR tersebut ke website resmi KNKT sehingga bisa didownload oleh semua keluarga korban.

Terkait Final Report, Meizar menyebut terdapat sekitar 250 halaman yang keseluruhan dalam bahasa Inggris.

“Kisaran 250 halaman, KNKT tidak berbicara tentang kesalahan yang menjadi penyebab kecelakaan hanya rekomendasi-rekomendasi perbaikan ke depan sesuai Tupoksi,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, keluarga SJ182 mendesak KNKT untuk segera menyampaikan FR kecelakaan psawat jenis Boeing 737-800 tersebut ke publik.

FR tersebut juga menjadi dasar gugatan pihak keluarga korban ke Boeing Company sebagai pihak yang membuat pesawat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *