Kerumunan Di Supermarket, Tim Satgas Tegur Keras Pengelola

image_pdfimage_print

Balikpapan,Gerbangkaltim.com – PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengumumkan akan menutup sejumlah gerai supermarket Giant Ekstra miliknya di seluruh Indonesia dalam waktu dekat, termasuk gerai Gaint Ekstra di JLMT Haryono, Balikpapan Selatan.

Minggu (30/05/2021), warga terlihat berbondong-bondong dan berkerumun ke Giant Ekstra di MT Haryono, Balikpapan Selatan, setelah mendapat informasi terkait adanya program cuci gudang, dimana sejumlah produk, mulai dari produk makanan dan perlengkapan bayi dijual dengan diskon mulai dari 20 persen sampai 30 persen. Begitu juga dengan produk pakaian dan pernak-pernik kosmetik yang berada di lantai dua gedung itu.

“Kami dari tim satgas, Polsek Kecamatan Balikpapan Selatan langsung turun ke lokasi setelah mendapatkan informasi adanya pasar murah yang menyebabkan terjadinya kerumunan, dan kami memperingatkan manajemen untuk memperhatikan prokes COVID-19,” ujar ujar Kapolsek Balikpapan Selatan, AKP Agung Nursapto, Minggu (30/5/2021).

Agung menegaskan, dalam kesempatan itu pihaknya meminta pengelola mematuhi prokes agar tidak terjadi kerumunan, Satgas COVID-19 tingkat Kecamatan bakal membubarkan dan menutup kegiatan di supermarket Giant ini.

“Kita minta kepada pengelola untuk mengatur lebih terbatas lagi kedatangan warga yang mau berbelanja ini. Jangan sampai terjadi kerumunan dan ada klaster baru,” ujarnya.

Hingga pukul 13.00 Wita, setelah satags turun ke lapangan, kerumunan warga mulai berkurang lantaran dari pintu masuk supermarket karena telah dibatasi jumlah pengunjung.

“Kita sudah atur dari pintu masuk, di depan kita batasi. Di pintu depan setelah parkiran juga dibatasi. Dan di sini juga kita batasi agar tidak ada lagi kerumunan,” paparnya.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan, telah menerima laporan tentang terjadinya kerumunan warga yang terjadi di gerai Gaint Ekstra di JLMT Haryono, Balikpapan Selatan, menyusul akan ditutupnya secara permanen gerai tersebut sehingga menggelar pasar murah dan diskon besar-besaran untuk semua produk.

“Kemungkinan pengelola tidak menduga akan banyaknya animo warga kota Balikpapan untuk berbelanja setelah mereka menggelar pasar murah dan diskon besar-besaran untuk semua produk,” tegasnya.

Dan untuk itu, lanjutnya, pihaknya meminta pengelola untuk berkoordinasi terlebih dahulu sebelum menggelar pasar murah dan diskon besar-besaran untuk semua produknya, karena hal tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Atas kejadian ini kami akan memberikan peringatan keras kepada pengelola atau manajemen Gaint Ekstra di JLMT Haryono, Balikpapan Selatan,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Velicia mengatakan, kedatangan untuk berburu kebutuhan rumah tangga. Warga Perumahan Regency itu datang bersama suaminya. Kebutulan hari libur, sehingga sekalian liburan.

“Mumpung liburan dan ada diskont mas, jadi sekalian refreshing belanja kebutuhan rumah tangga,” ujarnya singkat

Sedangkan Watim warga sepinggan mengaku agar kecewa karena harga yang ditawarkan ternyata selisihnya tidakjauh dari harga pasaran.

“Ah, harganya hampir sama saja mas sama di pasar,” jelasnya.

Kerumunan pengunjung yang menyerbu Giant Ekstra menjadi perhatian Satgas Penanganan Covid-19. Karena dikhawatirkan warga justru lalai dengan protocol ksesehatan karena kerumunan.Sehingga pihak pengelola Giant Ekstra diminta membuat prosedur pengaturan kerumunan pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *