Kunjungi IKN, Ketua DPR RI Puan Maharani Pastikan Pembangunan Sesuai Amanat Rakyat

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan yang maksudkan untuk memastikan persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang berada di Desa Tengin, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara berjalan sesuai dengan amanat rakyat.

Dalam kunjungan ini Puan, didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

“UU IKN sudah disahkan oleh DPR, maka saya mendatangi lokasi IKN Nusantara untuk menegaskan bahwasanya DPR mengawal pelaksanaan proyek ini sejak awal,” ujar Puan, Rabu (16/02/22).

Puan mengatakan, peninjauan ke lokasi IKN di Desa Tengin, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ber perlu dilakukan. Sebab ada beberapa persiapan pembangunan yang memang harus dipastikan secara langsung.

“Jadi DPR RI perlu turun sendiri melihat persiapan pembangunan IKN secara langsung. Ini juga sekaligus rq bagian upaya kami dalam mengemban amanat rakyat,” tegasnya.

Dalam kunjungan ini sejumlah perwakilan anggota DPR dari beberapa alat kelengkapan dewan (AKD) yang juga ikut dalam rombongan Puan ke lokasi IKN, diantaranya Ketua Banggar DPR Said Abdullah, Ketua Komisi V DPR Lasarus, dan Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto.

Menuru Puan, kedatangannya bersama-sama dengan rombongan untuk melihat perkembangan proyek IKN Nusantara sebagai salah satu bentuk pengawasan.

“Dengan melihat langsung lokasi calon ibu kota negara, kami bisa memberikan catatan-catatan kepada pemerintah” ujar Puan.

Sebelum melakukan kunjungan ke Titik Nol IKN, Puan dan rombongan mengunjungi proyek pembangunan Jembatan Pulau Balangan yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan.

Sedangkan dititik Nol IKN, Puan melihat langsung rencana pembangunan IKN yang dibagi dalam beberapa tahapan diantaranya Kompleks Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden, Klaster Perkantoran dan Kemensetneg dan Hankam, Perumahan ASN dan personel Hankam dan Fasum Fasos, serta Kawasan Sumbu Kebangsaan dan Triparaja.

“Saya berharap proses pembangunan dapat akan berjalan lancar sesuai rencana,” ujarnya.

Puan mengingatkan, pemerintah agar pembangunan IKN dapat memperhatikan masyarakat adat setempat.

“Pemerintah harus bekerja sebaik-baiknya, termasuk memastikan pembangunan IKN tetap memperhatikan masyarakat adat setempat. IKN Nusantara sebagai wajah kemajuan Indonesia juga harus tampil menawan,” ujar Puan.

Setelah itu rombongan meninjau lokasi IKN dari Mana Pandang Soedarmono dan lokasi Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara yang dibangun untuk pemenuhan air baku IKN Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: