Kodam
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan kunjungan kerja ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN Nusantara) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Kaltim. Jumat (20/1/2023).

Kunjungi IKN, Panglima TNI Pastikan Keamanannya dari Darat, Laut dan Udara

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan kunjungan kerja ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN Nusantara) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Kaltim.

“TNI berkewajiban melindungi dan membentengi. Apalagi (Kaltim) dekat dengan ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia, Red) II, yang kedalamannya memenuhi untuk kapal selam, maka kami antisipasi,” ujar Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, ditemui usai melaksanakan SKJ di halaman Makodam VI Mulawarman, Jumat (20/1/2023).

Kunjungan yang dilakukan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono ke IKN Nusantara ini adalah kunjungan perdananya sejak dilantik menjabat sebagai Panglima TNI.

“Setelah istana, (pembangunan berikutnya untuk) perangkat lainnya, termasuk Mabes TNI. Kemarin kami mengecek lokasi Mabes TNI di IKN. Kalau sudah ditentukan tempatnya selanjutnya kami akan siapkan rancangan bangunan. Desain sudah ada,” jelasnya.

Yudo menambahkan, dalam satu area Mabes TNI di IKN, akan dibangun Mabes TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL), termasuk hunian perumahan bagi para prajurit.

“Lahan yang disiapkan untuk membangun Mabes TNI seluas 240 hektare,” paparnya.

Yudo menambahkan, dalam pembangunan IKN ini, TNI juga turut berperan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan pembangunannya.

“Dari Kodam (VI/Mulawarman) sudah ada Satgasnya. Dari Polri juga saya lihat sudah ada. Kami akan tetap mengawal pengamanan, agar pekerja pembangunan IKN dapat beraktivitas dengan lancar,” sambungnya.

Selain itu, katanya, TNI juga akan menaikkan status Pangkalan TNI AL Balikpapan, yang semula tipe B menjadi tipe A alias Pangkalan Utama.

“Kan kalau menuju IKN harus melalui laut untuk pengiriman materialnya maka Lanal bersama Kodam dan AU untuk mengamankannya. Bersama Polri juga tentunya,” ucapnya.

Sebelum melanjutkan kunjungan kerjanya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Danlanal Balikpapan Kolonel Rasyid Al Hafis dan Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Penerbang Sidik Setyono melaksanakan SKJ dan Jalan santai yang diikuti ratusan prajurit TNI.

Kunjungan ini kemudian dilanjutkan dengan meninjau progres pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara untuk kemudian meninggalkan Benua Etam Kaltim melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Sesuai program kerjanya, Markas Kogabwilhan II akan dijadikan pusat operasi pengendalian utama bersifat gabungan untuk wilayah sekitar.

Kogabwilhan merupakan komando utama operasi Mabes TNI. Satuan baru yang langsung di bawah komando Panglima TNI. Berfungsi mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *