Melimpah, Dinsos Beharap Bantuan Bukan Baju Bekas

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Sosial Kota Balikpapan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak baik itu perorangan, perusahaan, komunitas yang telah membantu memberikan sumbangan kepada korban musibah kebakaran yang terjadi di Baru Ilir. Namun demikian, pihaknya meminta bantuan yang diberikan jangan berupa pakian bekas karena stoknya melimpah.

“Bantuan yang ada di posko sudah banyak terkumpul, memang tak bisa dipungkiri bantuan baju-baju bekas untuk saat ini sudah cukup berlebih,” ujar Kepala Dinsos Balikpapan Purnomo, Minggu (19/12/2021).

Untuk itu, Purnomo mengingatkan kepada para donatur sebelum memberikan bantuan alangkah lebih baiknya melakukan survei terlebih dahulu, terkait kebutuhan-kebutuhan yang sangat diperlukan oleh para pengungsi.

“Sehingga bantuan tersebut bisa langsung dimanfaatkan oleh para pengungsi,” tegasnya.

Terkait bantuan uang sewa rumah bagi korban musibah kebakaran, Purnomo belum bisa banyak komentar karena itu ranahnya Bagian Pemerintahan di Sekdakot Balikpapan, berapa jumlah besaran uang sewa atau berapa lama waktunya.

“Itu ranahnya Bagian Pemkot, kami hanya menyalurkan bantuan-bantuan dari Pemkot Balikpapan dalam hal ini berupa famili kit yang jumlahnya sesuai dengan Kepala Keluarga yang tertimpa musibah kebakaran di Baru Ilir,” jelasnya.

Sebelumnya, Camat Balikpapan Barat Arif Fadiilah mengimbau masyarakat, instansi ataupun perusahaan swasra yang bermaksud akan memberikan sumbang atau bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Baru Ilir dalam bentuk uang.

Alasannya, bantuan dalam bentuk uang tunai akan lebih bermanfaat bagi warga untuk dibelikan sesuai kebutuhan masing-masing kepala keluarga (KK). Pasalnya, untuk bantuan makanan ataupun pakaian bekas sudah berlebih.

“Bantuan materi uang saja, karena dari sisi pakaian layak pakai sudah berlebihan. Makanan alhamdulilah,” ujar Camat Balikpapan Barat Arif Fadiilah

Sementara itu Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan telah menyalurkan 176 paket bantuan sembako kepada warga korban kebakaran yang terjadi di 3 RT di Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat.

“Data korban kebakaran sendiri jumlah kepala kelurga (KK) yang rumahnya terbakar sebanyak 176 dengan 543 jiwa,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: