KODAM
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan TNI AD TA 2022 yang di laksanakan di Lapangan Upacara Makodam VI/Mlw, Rabu (26/10/2022)

Pangdam VI/Mlw Pimpinan Apel Kesiapsiagaan TNI AD TA 2022 di Makodam

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan TNI AD TA 2022 yang di laksanakan di Lapangan Upacara Makodam VI/Mlw, Rabu (26/10/2022)

Apel Gelar Kesiapsiagaan di Kodam VI/Mlw tersebut merupakan bagian dari Apel Gelar Kesiapsiagaan TNI AD TA 2022 yang diselenggaran terpusat di Lapangan Monas, Jakarta, dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD secara Vicon.

Adapun Apel Gelar Kesiapsiagaan di Kodam VI/Mlw diikuti seluruh satuan jajaran Kodam VI/Mlw dengan melibatkan 1.050 prajurit dan Alutsista.

Dalam Amanatnya KSAD berpesan bahwa Perkembangan lingkungan Global dapat memberikan ancaman kepada kedaulatan NKRI. Apel Gelar Kesiapsiagaan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel TNI AD dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi Bangsa Indonesia.

Yang pertama adalah Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pasca Covid. Yang kedua ancaman bencana alam, dimana beberapa wilayah di Indonesia rawan akan adanya bencana alam baik banjir, tanah longsor dan sebagainya. Selanjutnya adalah Radikalisme yang sampai dengan saat ini masih menjadi ancaman bagi Bangsa Indonesia.

Saat ini sudah memasuki tahun politik, dimana KPU telah menetapkan 18 Parpol yang lolos verifikasi Pemilu 2024. Terkait dengan hal tersebut setiap Prajurit harus netral. Selanjutnya adalah terkait dengan kesiapan prajurit dalam membantu pemerintah menyukseskan program ketahanan pangan, penanganan stunting dan program TNI Manunggal Air. Dan yang terakhir adalah kesiapan menghadapi KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022.

Di momen yang sama, Pangdam VI/Mlw menegaskan jika Kodam VI/Mlw adalah Kodam IKN. Berdasarkan UU No.3 Tahun 2022 mengenai pemindahan Ibukota, Pangdam mengajak seluruh keluarga besar Kodam VI/Mlw untuk bersama-sama mensukseskan Government Plan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya PAM VVIP dengan baik. Ke depan kita akan menghadapi Dinamika yang semakin tinggi, di antaranya adalah Latihan Kekar Malindo dan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) yang diwakili oleh Yonif 611/Awl. Mari bersama-sama kita buktikan bahwa kita bisa” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *