Pertamina Balikpapan Edukasi Penanganan Kebakaran

image_pdfimage_print

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Dalam rangka HUT ke-63 Pertamina, Pertamina RU V Balikpapan gelar edukasi dan pelatihan terkait bahaya kebakaran kepada masyarakat di sekitar lokasi kilang. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, (2/12) lalu dengan pengawasan protokol covid tersebut diikuti oleh sekitar 78 warga yang berasal dari Kelurahan Margasari, Kelurahan Baru Tengah, Kelurahan Prapatan, Kelurahan Karang Jati, dan Kelurahan Baru Ilir di Area GOR Banua Patra.

General Manager RU V Balikapapan, Eko Sunarno menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada masyarakat disekitar lokasi RU V Balikpapan mengenai penanggulangan bahaya kebakaran. “Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk turut merasakan kebahagiaan dalam ulang tahun Pertamina” ujar Eko.

Eko mencontohkan perlunya kewaspadaan di rumah. “Kebakaran kecil misalnya di dapur.” katanya. “Kesalahan dalam hal penanganan kebakaran kecil dapat menyebabkan terjadinya kebakaran yang lebih besar.” lanjutnya.

Eko menjelaskan bahwa RU V Balikpapan mempunyai posisi strategis dalam menjaga kedaulatan energi di Indonesia. “RU V Balikpapan memproduksi BBM yang dipergunakan oleh masyarakat Kalimantan dan juga Indonesia Timur” katanya. Dia menyampaikan harapannya agar operasional RU V Balikpapan bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu, Pertamina memberikan penjelasan tentang penggunaan elpiji yang aman dan informasi mengenai proses terjadinya kebakaran. Selain itu, masyarakat melakukan uji coba pelatihan pemadaman dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan selimut yang telah dibasahi.

Pertamina juga menyerahkan bantuan 5 (lima) unit APAR, masing-masing 1(satu) buah yang akan dipasang di masing-masing kelurahan.

Sementara itu, Lurah Margasari M.Ride mengatakan dukungannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan itu. “Kegiatan ini sangat baik sekali karena melibatkan masyarakat di sekitar lokasi. Saya sengaja mengajak masyarakat yang memang dekat dengan lokasi” katanya. “Saya mengusulkan kalau boleh RT yang berada di dekat-dekat lokasi juga mendapatkan bantuan APAR” katanya. (mh/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *