Selain Jakarta, Balikpapan Jadi Kantor Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menyatakan kesiapannya dan akan mendukung penetapan Kota Balikpapan sebagai Kota yang dipilih selain Jakarta sebagai Kantor Sementara Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara.

“Ya baguslah, dan tentunya kita akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terhadap penetapan Kota Balikpapan sebagai Kota yang dipilih selain Jakarta sebagai Kantor Sementara Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, Kamis (10/3/2022).

Rahmad mengatakan, terkait penentapan dipilihnya Kota Balikpapan sebagai Kantor Sementara Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara, maka Pemkot Balikpapan berharap ada bantuan dari pemerintah pusat terkait fasilitas dan infrastruktur yang belum terbangun.

“Sebagai kota penyangga IKN, tentunya fasilitas-fasilitas yang belum bisa dibantu oleh pemerintah pusat, termasuk untuk infrastruktur juga, ya mau gak mau,” ucapnya.

Dikatakan, jika pemindahan sudah dilakukan, maka otomatis banyak ASN yang akan masuk ke Kota Balikpapan sebagai kota penyangga.

“Kan tidak mungkin ke Kabupaten PPU, gak ada rumah disana, jadi ke Balikpapan dulu,” ungkapnya.

Diakuinya, Pemkot Balikpapan juga memiliki anggaran, namun diutamakan untuk warga Kota Balikpapan, sedangkan untuk warga pendatang belum ada. “Nah mudah-mudahan pemerintah pusat juga memikirkan itu,” harapnya.

Menurut Rahmad, Pemerintah Pusat tentunya sudah memiliki standar tersendiri, dalam memilih dan menunjuk orang-orang yang benar – benar berkompeten untuk menjadi Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara dan wakilnya.

“Kita tidak mempermasalahankan siapa yang dipilih presiden sebagai Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara, kita mengaminin saja, yang penting berkomitmen membantu, menjaga dan mensukseskan IKN,”

“Adapun siapa yang ditunjuk, kita aminkan saja, satu kita tidak boleh kontra terhadap pemilihan yang dilakukan oleh Bapak Presiden, kita harus mendukung dan mensosialiasikannya,” ucapnya.

Adapun nantinya, lanjut Rahmad, jika ada kekurangan yang terjadi, tinggal dilakukan koordinasi saja.

Dikatakan Wali Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo dengan tokoh-tokoh masyarakat Kalimantan, muncul keinginan Putera Kalimantan sebagai Kepala Kawasan Otorita IKN Nusantara.

“Namun semuanya, keputusannya kan ada di tangan presiden,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: