Telah Buat Juknis, Disdikbud Balikpapan Buka PPDB Mulai 10 Juni

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah membuat petunjuk teknis (Juknis) untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022 baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, persiapan PPDB sampai saat ini terus dilakukan dan untuk Petunjuk teknis (Juknis) telah dibuat. Dan rencananya pelaksanannya dimulai pada tanggal 10 Juni 2022 mendatang, untuk tingkat SD dan SMP Negeri.

“Jadi kita mulai tanggal 10 sampai 29 Juni itu proses validasi dan verifikasi,”ujar Purnomo, Rabu (25/5/2022).

Kemudian untuk pendaftaran peserta dilaksanakan tanggal 20 hingga 30 Juni. Dan setelah itu akan ada pengumuman tanggal 1 Juli dan untuk daftar ulang tanggal 2-4 Juli

Purnomo menjelaskan, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya untuk untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022 tahun ini, ada empat jalur yang disiapkan, yakni afirmasi, perpindahan, prestasi dan zonasi.

“Masih sama dengan tahun lalu. Zonasi yang paling banyak kuotanya,” paparnya.

Soal adanya sejumlah masalah yang kerap muncul saat PPDB, Purnomo mengatakan, persoalannya adalah daya tampung sekolah yang tidak berbanding lurus dengan lulusannya.

Ditambahkannya, untuk lulusan SD tahun ini ada sekitar 13 ribu orang siswa lebih, sementara daya tampung SMP hanya 6.000 ribu orang saja, sehingga ada sekitar 7.000 orang lagi yang memerlukan ruang untuk bersekolah.

“Artinya 50 persen tidak tertampung anak-anak kita,” ungkapnya.

Di sini, Kata Kadisdikbud Kota Balikpapan ini, pihaknya mengharapkan peran dari sekolah swasta untuk bisa menampung siswa yang tidak bisa tertampung di sekolah negeri.

“Sekolah swasta juga harus maksimal dan berkualitas untuk menarik minat peserta didik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: