Balikpapan, GerbangKaltim,— Belum terkendalinya  kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur menjadi perhatian serius semua pihak baik Pemprov Kaltim maupun kabupaten kota yang ada di Kaltim.

Gubernur Bahkan akan mengeluarkan kebijakan Lockdown Weekend bagi semua kegiatan masyarakat diakhir pekan.

Masalah covid ini menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kaltim ada beberapa hal yang akan diambil tindakan.

“Saat ini kita lagi menunggu surat instruksi Gubernur Kaltim terkait adanya rencana penghentian kegiatan aktivitas di Kaltim dalam waktu dekat,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi kepada awak media dalam rilis Satgas Covid, Kamis sore (3/2/2021).

” Kita akan hentikan pelaksanaan kegiatan di Sabtu Minggu. kalau Pangdam VI Mulawarman menyebutnya Kaltim steril, Kapolda Kaltim menyebutnya Kaltim senyap, Gubernur Kaltim menyebutnya berdiam diri, ” ujarnya usai webinar dengan gubernur Kaltim Kamis.

Belum dijelaskan bentuk kegiatan seperti apa yang akan dihentikan karena masih menunggu kepastian.

” Kita masih menunggu keputusannnya tapi yang perlu antisipasi masyarakat kemungkinan sabtu minggu ini akan dilakukan penghentian seluruh kegiatan masyarakat kecuali hal-hal tertentu, ” katanya.

Rencana penghentian kegiatan Sabtu dan Minggu karena tingginya kegiatan masyarakat sehingga perlu diambil langkah memutus penyebaran covid.

“Kaltim pernah sehari 900 kasus melebihi Jawa Timur yang penduduk jutaan. Jadi memang situasi sudah sangat mengkhawatirkan, ” katanya.

Adapun kegiatan tertentu misalnya dalam rangka penyemprotan dan pembersihan, untuk itu Pemkot meminta kepada masyarakat Balikpapan untuk bersiap-siap tentang penghentian kegiatan sementara waktu.

“Kita tunggu instruksi gubernur malam ini, karena keadaan Kaltim darurat Covid-19, terutama Balikpapan penyumbang angka terbesar covid,” ucapnya.

Kebijakan penghentian kegiatan di akhir pekan ini sudah dilakukan pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

” Ya ini kaltim kita masih menunggu kebijakan pak Gubernur mungkin besok siang atau sore sudah bisa diketahui seperti apa, ” tukasnya.

Share.
Leave A Reply