Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME melepas secara resmi sebanyak 324 orang calon Jemaah haji (Calhaj) Kloter I Kota Balikpapan di Kompleks Masjid Madinatul Iman, Balikpapan Islamic Center (BIC) Balikpapan Selatan, Senin (13/5/2024).

“Saya doakan semoga seluruh jamaah calhaj Kota Balikpapan selalu dalam keadaan sehat menjaga kekompakan bersama sesama calon jemaah haji lainya dalam memenuhi panggilan Allah SWT. Dan saya ingatkan juga selalu bersama dan tolong menolong sesama para Jemaah selama berada di tanah suci,” ujar, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME.

Wali Kota Balikpapan mengatakan, warga Kota Balikpapan yang terpanggil untuk menunaikan ibadah haji tahun ini haru memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya.

“Manfaatkan momentum ini untuk memperbanyak amalan disana dan doakan bangsa kita aman dan makmur,” ungkapnya.

Rahmad Mas’ud juga menyampaikan pesan kepada aparatur yang mengurusi para jamaah calhaj agar betul-betul memperhatikan kondisi dan kebutuhan jemaah saat di embarkasi maupun tanah suci.

“Saya minta benar-benar nanti masuk embarkasi saya minta tolong perhatikan makanannya terkhusus pada petugas pendamping, petugas haji petugas kesehatan juga betul-betul untuk diperhatikan jemaahnya,” ucapnya.

Rahmad meyakini, melalui komitmen bersama ini baik dari pengurus, petugas haji akan mengawal seluruh jemaah haji Balikpapan. Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan dan pribadi mengucapkan selamat kepada claon jemaah haji Balikpapan.

“Jaga kondisi, jaga kesehatan kita, karena yang lebih tau kondisi kita adalah diri kita sendiri. Bawa nama baik Indonesia khususnya Kota Balikpapan, beribadah yang baik. Jangan aneh-aneh disana,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Rahmad Mas’ud juga menyampaikan, bahwa ia dan keluarga besarnya juga akan menunaikan ibadah haji, namun keberangkatannya dalam rombongan terakhir.

“Insyaallah saya juga akan berangkat ke tanah suci, di tanah suci nanti saya juga akan menemui calhaj asal Kota Balikpapan untuk juga memastikan calhaj asa Kota Balikpapan mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Balikpapan Masrivani mengatakan, calon jemaah haji dari Kota Balikpapan jumlah totalnya sebanyak 507 orang calhaj termasuk dengan petugas haji.

“Dari jumlah tersebut, masih ada 17 ribu jemaah haji yang masuk masa tunggu hingga keberangkatan pada 2048,” ujar Masrivani.

Masrivani menambahkan, saat ini ada penambahan kuota dari kerajaan arab yang biasa 221 ribu orang calhaj. Dimana ditahun 2024 ini memberangkatkan 241 ribu calon jemaah haji.

“Artinya keberangkatan jemaah haji yang awalnya hingga 35 tahun. Bisa turun ke 34 tahun masa tunggunya,” jelasnya.

Dimana jemaah haji Balikpapan akan terbagi menjadi di 3 kloter. Yang mana di kloter 1 akan diberangkatkan pada 14 Mei 2024 dan kembali pada 22 Juni 2024.

“Kemudian calon jemaah haji Balikpapan juga ada di Kloter 14 dan kloter 18,” akunya.

Untuk tahun ini ada 324 jemaah haji bersama dengan petugas yang dilepas Walikota. Para jemaah haji asal Balikpapan juga mewaspadai suhu panas ketika di arab saudi.

“Perbedaan lainnya tahun ini jumlah calon jemaah haji asal Indonesia lebih banyak dibanding tahun lalu,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply