Tanda-tanda gangguan kesehatan paru-paru sering terjadi di kaki. (Foto: PMJ News/Ilustrasi).

Ahli Bedah Podiatris: Kondisi Kaki Bisa Cerminkan Masalah Kesehatan

SEORANG ahli bedah podiatris Dana Canuso menyebut mencermati kondisi kaki merupakan salah satu cara yang bagus untuk mengecek kondisi kesehatan. Dia merupakan dokter spesialis yang fokus pada diagnosis, pengobatan, serta pembedahan dan pergelangan kaki.

Canuso membagikan cara untuk mengecek kaki yang sehat. Caranya, dengan remas kaki dan jari kaki selama beberapa detik sampai warna kulit berubah putih.

Setelah melakukannya, lepaskan dan hitung berapa lama warnanya kembali seperti semula. Jika aliran darah kembali dalam waktu sekitar tiga detik, itu tanda dari sirkulasi darah yang baik.

Aliran darah hanya satu dari sekian tanda kesehatan yang dapat terungkap dari kaki. Agar dapat membaca tanda-tanda itu dengan benar, penting untuk terlebih dahulu memahami seperti apa bentuk kaki sehat.

“Kaki sangat kompleks, dengan kulit yang berbeda dan lebih tebal dari kulit di tempat lain di tubuh,” ujar Canuso seperti dilansir dari laman Well and Good, Senin (9/5/2022)..

Kaki dalam kondisi baik akan memiliki penampilan dan tekstur yang lembap, lembut, dan halus. Kulit kaki terlihat terhidrasi dengan baik dan kukunya punya semburat warna merah muda. Jari-jari kaki bebas dari rasa sakit, luka, atau indikator kulit rusak lainnya.

Tidak sedikit orang yang memiliki kulit kering di bagian bawah kaki. Itu bukan karena dehidrasi, namun karena jarang mendapatkan perhatian seperti pada bagian lain dari tubuh.

Sementara, tumit yang kering dan seperti retak lebih dari dua pekan, kemungkinan merupakan tanda jamur kaki. “Serum kaki antijamur dapat mengobati kulit kering dan mencegah kerusakan sehingga tidak kembali lagi,” ucapnya.

Kuku yang menebal, rapuh, atau menguning pun merupakan tanda-tanda jamur. Biasanya, seseorang mengabaikan kulit kering di tumit, yang disebabkan jamur. Jamur tersebut kemudian melakukan perjalanan ke kuku dan memicu munculnya jamur kuku.

Jamur kuku cenderung sulit untuk diobati, karena sebagian besar perawatan hanya fokus pada mempercantik kuku. Untuk mengatasinya, cari perawatan antijamur yang terdiri dari dua langkah, perawatan kulit sekaligus mengatasi kuku kaki yang kering.

Tanda lainnya yang menurut Canuso patut diwaspadai yakni sensasi kesemutan pada jari kaki atau rasa nyeri. Pada beberapa orang, itu adalah indikasi awal diabetes. “Pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki juga bisa menjadi tanda awal diabetes,” ujarnya.

Gejala lain merupakan tanda penyakit kardiovaskular, yakni perubahan warna kebiruan pada jari kaki dan kuku. Itu dapat menandakan penyakit vaskular perifer (PVD), kondisi sistemik peredaran darah yang menyebabkan aliran darah menjadi buruk.

Apabila kuku kaki tampak melengkung ke dalam, itu juga perlu diwaspadai lantaran bisa menjadi tanda penyakit paru-paru. Meskipun kuku jari kaki yang melengkung dapat terjadi secara alami, layak untuk melakoni pemeriksaan jika kuku biasanya tak terlihat seperti itu.

Jika mendapati tanda-tanda demikian, saran Canuso, segera bicarakan dengan ahli penyakit kaki. “Terutama jika sebelumnya kuku jari kaki normal, itu bisa menjadi indikasi ada penurunan oksigen dan alirannya ke kuku, atau ada penurunan fungsi paru-paru,” tukasnya.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: