Tana Paser – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam di seluruh dunia. Banyak orang berlomba-lomba menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, karena di dalamnya terdapat banyak keistimewaan yang diturunkan oleh Allah SWT. Bulan Ramadhan juga diiringi dengan banyaknya keberkahan yang tidak ditemukan pada sebelas bulan lainnya, semua pahala amalan ibadah dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Berbicara mengenai keberkahan Ramadhan tidak hanya memberi keistimewaan keberkahan di ranah religius saja, melainkan juga di sektor-sektor lain, termasuk di bidang ekonomi.

Di Indonesia, bulan Ramadhan menjadi momentum penting bagi sejumlah komoditas ekonomi untuk meraup laba yang melimpah. Sebab, daya konsumsi masyarakat yang tinggi mengakibatkan transaksi ekonomi naik, sehingga perputaran uang di masyarakat pun menjadi meningkat.

Jumlah pedagang di beberapa ruang publik pada bulan Ramadan ini mengalami peningkatan. Dari mulai di bahu jalan, trotoar dan beberapa spot yang memang strategis menjadi lapak jualan.

Wakil Ketua I Komite Ekraf Kabupaten Paser, Kasrani Latief mengatakan “bahwa Bulan Ramadan setiap tahunnya sudah menjadi momentum positif bagi dunia usaha. Perputaran uang pun meningkat dibanding har-hari biasanya. Khususnya kuliner, jajanan-jajanan untuk buka puasa,” ucapnya.

Kasrani Latief menambahkan “Kami berharap peluang ekonomi ini bisa diambil oleh para pelaku usaha UMKM lokal untuk meningkatkan perekonomian, begitu juga nanti menjelang lebaran di mana perputaran uang lebih kencang dan besar lagi potensinya, dari mulai pakaian sampai parsel, bahkan sembako,” ujarnya

“Kami berharap Bulan Ramadhan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Paser, Semoga kegiatan ekonomi di bulan Ramadhan ini dapat menjadi langkah awal bagi kolaborasi yang lebih erat antara swasta, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan Perekonomian di Kabupaten Paser” ujarnya.

Kasrani juga mengingatkan “Mari kita jaga bersama ketertiban umum, suasana tetap nyaman dan menjaga toleransi di Bulan Ramadhan ini. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang mencederai Bulan Suci Ramadhan. Selamat menjalankan Ibadah Puas 1445 H, semoga kita semua menjadi hamba Allah SWT yang bertaqwa” Menutup penjelsannya.

Share.
Leave A Reply