Kebakaran di Baru Ilir, BPBD Kerahkan 22 Mobil PMK

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Musibah kebakaran hebat menghanguskan puluhan rumah di RT 44, 45 dan 47 di Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, ludes dilalap api, Rabu (15/12) siang.

“Data sementara 40an rumah yang terbakar, itu dari RT 44, 45 dan 47. Total sekitar 300 KK yang terdampak, data terus diinventarisasi,” ujar Camat Balikpapan Barat M Arif Fadillah,Rabu (15/12/2021).

Arif mengatakan, sejauh ini pihaknya masih berusaha menginventirasi data korban kebakaran ini. Pemerintah Kota, lanjut Arif , juga berencana mendirikan posko bantuan untuk korban kebakaran tersebut.

“Secepatnya akan didirikan, opsi lokasinya tak jauh dari wisma Pertamina,” jelasnya.

Arif melanjutkan, informasi sementara tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini.

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Suseno mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 22 mobil pemadam Kebakaran untuk memadamkan api yang menghanguskan puluhan rumah di RT 44, 45, 46 dan 47, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat

“Kita turunkan yang dari BPBD sendiri 15 unit, PDAM 5 unit, kemudian dari Pertamina Hulu Mahakam 1 unit dan Pertamina RU V 1 unit ,” ujar Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno, Rabu (15/12/2021).

Kemudian ditambah 4 unit water canon miliki kepolisian untuk mempercepat pemadaman. Namun api baru bisa padam sekitar 3 jam. Dan dibantu dari berbagai relawan yang turun.

“Kemudian ditambah water canon keposian 4, dismping itu ada relawan dan kalau sekitar 3 jam lakukan,” tegasnya.

Suseno mengatakan api cepat membesar karena rata-rata bangunannya terbuat dari kayu yang sudah tua. Kemudian rumah juga saling berdekatan. Kemudiancuaca panas terik dan ditambah angin kencang.

“Kendalanya disamping api cepat besar karena bahan bangunannya rata-rata terbuat dari papan yang usianya juga sudah lumayan tua, kemudian ditambah cuaca yang memang terik tengah hari dan juga angin cukup deras, sehingga bisa memperbesar api,”paparnya.

Sejauh ini ada empat RT yang dilanda kebakaran besar tersebut yakni RT 44, 45, 46 dan 47. Sementara untuk jumlah rumah yang terbakar untuk sementara sekitar 50-an.

Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto mengatakan, belum bisa merinci penyebab utama kebakaran.

Toto menambahkan, proses penyelidikan penyebab kebakaran baru akan dilakukan setelah proses pemadaman api tuntas.

“Penyebab pasti masih harus menunggu olah TKP. Tapi informasi awal berasal dari salah satu rumah di RT 45. Informasi awal juga sedang dikumpulkan petugas di lapangan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *