Konsisten Salurkan CSR, Pertamina Raih Penghargaan DLH Kaltim

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pertamina raih penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur (29/6). Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Hotel Novotel, Balikpapan. Penghargaan diberikan diberikan kepada Pertamina DPPU Sepinggan Group dalam rangka perwujudan apresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Pertamina yang telah secara konsisten menyalurkan program CSR-nya di bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Pertamina DPPU Sepinggan sendiri telah mendukung program pelestarian lingkungan di Hutan Kota Sepinggan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan sejak tahun 2016 dan masih berjalan sampai saat ini. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pengkayaan keanekaragaman hayati, penambahan tanaman endemik/langka dan juga pembangunan fasilitas penunjang di Hutan Kota Sepinggan dengan harapan dapat juga dimanfaatkan sebagai arena pembelajaran tentang pengenalan keanekaragaman hayati oleh anak-anak sekolah maupun masyarakat sekitar.

Selain komitmen dalam pelestarian Hutan Kota, Pertamina DPPU Sepinggan juga mendorong upaya pengurangan timbunan sampah dan mengubahnya menjadi energi terbarukan melalui Program Pertamina BETTER (Balikpapan Energi Terbarukan). Dalam program ini Pertamina bekerjasama dengan ABADAN Social Enterprise untuk bisa mengolah limbah minyak jelantah menjadi FAME (biodiesel) dan juga sampah organik menjadi charcoal/arang aktif.

“Program pelestarian Hutan Kota Sepinggan ini merupakan bentuk komitmen dan kontribusi Pertamina dalam upaya pelestarin lingkungan dan program ini juga merupakan bagian dari kerangka besar program-program CSR Pertamina dalam mendorong tercapainya target SDGs pemerintah lokal Kota Balikpapan maupun nasional”, jelas Heri Ashari, Operation Head DPPU Sepinggan Group.

Selain dalam upaya pencapaian target SDG’s, program yang dilaksanakan di Hutan Kota Sepinggan ini merupakan satu dari empat pilar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, yakni Pertamina Hijau.

“Program ini sangat sesuai dengan target Pertamina dalam mendorong pencapaian SDG’s Kota Balikpapan, khususnya pilar pembangunan lingkungan untuk Pertamina Hijau. Tiga pilar TSJL lainnya dalam program Pertamina antara lain Tiga pilar lainnya antara lain Pertamina Cerdas yang fokus kepada program pendidikan, Pertamina Sehat untuk program kesehatan dan Pertamina Berdikari untuk program pemberdayaan masyarakat”, tutup Susanto August Satria, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VI Pertamina Regional Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: