Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan baru baru ini dinyatakan sebagai kota terbersih se Indonesia mengalahkan Kota Surabaya dan Bitung yang berada di urutan kedua dan ketiga. Predikat yang diperoleh Kota Balikpapan ini setelah juga berhasil menyisihkan total sebanyak 6 kota yang juga masuk dalam nominasi Adipura Kencana untuk tahun 2023.

Kota Balikpapan sendiri saat ini dipimpin oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME juga meraih Adipura Kencana untuk tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk kategori Kota Besar.

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME mengatakan, keberhasilan Kota Balikpapan meraih kota terbersih pertama di Indonesia ini, bukan kinerja hanya aparatur pemerintah saja, namun berkat partisipasi warga Kota Balikpapan.

“Jadi saya ucapan terima kasih kepada warga Kota Balikpapan yang secara bersama-sama menjaga kebersihan Kota Balikpapan, sehingga kota ini bisa dinobatkan sebagai kota terbersih pertama di Indonesia,” ujarnya, Selasa (28/5/2024).

Berikut ini tujuh kota terbersih di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber serta laman KLHK dan Wikipedia:

1. Balikpapan

Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (Kaltim) setelah Samarinda. Sebagai kota yang mengandalkan sektor industri, jasa, perdagangan, dan pariwisata, Balikpapan mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dengan jumlah penduduk sebanyak 733.396 jiwa pada pertengahan tahun 2023.

Jalan Jenderal Sudirman akan Ditutup Dua Jam Balikpapan meraih dan mempertahankan penghargaan Adipura Kencana sebagai kota terbersih untuk kategori Kota Besar Tahun 2023 dari KLHK. Penilaian dilakukan pada 2022 dan piala Adipura Kencana diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada Maret 2024 lalu.

2. Surabaya

Kota terbersih berikutnya adalah Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Surabaya meraih penghargaan Adipura Kencana kategori Kota Metropolitan Tahun 2023 dari KLHK. Adipura Kencana diserahkan bersamaan dengan Kota Balikpapan dalam acara yang digelar di Kantor KLHK, Jakarta pada 5 Maret 2024 lalu.

Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota di Indonesia yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup, terutama dalam bidang persampahan, kebersihan, dan ruang terbuka hijau yang inovatif serta berkelanjutan.

3. Bitung

Beralih ke Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Bitung. Kota ini menjadi kota terbersih ketiga di Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 219.063 jiwa pada akhir tahun 2023. Bitung didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan, namun sektor industri juga berkembang cukup pesat.

4. Bontang

Selanjutnya adalah Bontang, kota keempat dengan predikat terbersih se-Indonesia. Kota kecil di Provinsi Kaltim ini dikenal dengan sebutan Kota Taman dan turut meraih Adipura Kencana dari KLHK. Dengan jumlah penduduk sebanyak 187.446 jiwa pada pertengahan tahun 2023, Bontang memiliki inovasi pengelolaan sampah yang mampu mengurangi jumlah sampah sebesar 30 persen per hari, menghasilkan produk seperti lilin aromatik dari minyak jelantah dan paving blok dari sampah plastik.

5. Jepara

Jepara, kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dinobatkan sebagai salah satu kota sedang terbersih di Indonesia, dibuktikan dengan kembali mendapatkan Piala Adipura tahun 2023. Jepara memiliki beberapa taman seperti Alun-Alun 1 dan 2 Jepara, Taman Kerang, Taman Hutan Kota, dan lainnya

6. Serang

Serang adalah ibu kota Provinsi Banten dan berperan sebagai pusat budaya Sunda Banten dan Jawa Serang. Pada pertengahan tahun 2023, jumlah penduduk Kota Serang sebanyak 735.651 jiwa. Kota ini juga memiliki sisa-sisa bangunan bersejarah dari masa kejayaan Kesultanan Banten.

7. Yogyakarta

Menempati urutan ketujuh sebagai Kota Terbersih di Indonesia, Yogyakarta dikenal memiliki kualitas udara yang baik menurut data KLHK. Kota ini mengandalkan sektor industri, perdagangan, dan jasa, khususnya dalam bidang pariwisata. Beberapa sektor ekonomi terus meningkat kontribusinya terhadap perekonomian daerah.

Share.
Leave A Reply