Ganjar
Calon Presiden RI Ganjar Pranowo dalam kampanyenya di Kota Balikpapan mengunjungi Pasar Baru, Balikpapan Kota. Selasa (5/12/2023).

Kunjungi Pasar Baru, Ganjar Sampaikan 3 Strategi Untuk Menstabilkan Harga Kebutuhan Pokok

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Calon Presiden RI Ganjar Pranowo dalam kampanyenya di Kota Balikpapan mengunjungi Pasar Baru, Balikpapan Kota.

Dalam kunjungan ini sejumlah pedagang mengeluhkan tingginya harga sejumlah bahan pokok mulai beras, minyak goreng, telur, daging, sayur, dan cabai.

Menganggapi keluhan warga ini, Ganjar Pranowo mengatakan, kenaikan harga bahan kebutuhan pokok ini memang perlu mendapatkan perhatian. Pasalnya, keluhan ini kerap ditemuinya saat mengunjungi sejumlah pasar tradisional di Indonesia.

“Maka kontrol saya kira penting seperti TPID, kemudian memastikan jumlah pasokan, juga modal transportasi. Dan sayakira, mereka yang berharap segera dilakukan penurunan harga ini, rasanya penting untuk mendapatkan respon,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyampaikan 3 strategi dalam menstabilkan harga bahan pokok. Berupa stabilasisasi dari sisi produksi.

Ganjar mengakan, pertama adalah tata produksi yang tepat serta didukung dengan teknologi modern dan data yang akurat.

“Saya yang berkali kali menyampaikan, 1 data Indonesia termasuk pertanian, penting. Terkait berapa lahan, berapa petani kita, komoditas ada dimana dan sebagainya,” jelasnya.

Kedua, katanya, terkait mekanisme dan teknologi yang digunakan demi mewujudkan produktivitas yang optimal.

Dan yang ketiga terkait pengendalian. Baginya, pemasok kebutuhan industri harus diambil kendali oleh Bulog.

“Bulog harus mengambil alih kembali. Hari ini, mesti kembali dikuasai oleh negara dan pemerintah harus mengendalikannya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes