Lebih 70 Nakes Terpapar Covid, 1 Hari Bertambah 453 Kasus di Balikpapan

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Angka kasus Covid-19 di Balikpapan terus melonjak. Rabu (16/2/2022) kemarin, tercatat terdapat penambahan 453 kasus di Balikpapan. Dengan demikian, total kasus Covid-19 di Balikpapan hingga kemarin berjumlah 41.256 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengimbau masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan vaksin. “Saat ini angka kasusnya melonjak,” ujar perempuan yang akrab disapa Dio ini, Kamis (17/2/2022).

Saat ini saja ada lebih 70 tenaga kesehatan (nakes) di Balikpapan terpapar Covid-19. Padahal, nakes di Balikpapan sudah mendapatkan vaksin lengkap dengan booster (vaksin dosis III).

Di Balikpapan, angka kematian kasus Covid-19 di Balikpapan kembali bertambah pada tahun 2022. Kemarin, tiga warga lanjut usia (lansia) meninggal di rumah sakit.

Satu pasien di RS Kanujoso Djatiwibowo, satu di RS Pertamina Balikpapan, satu di RS Beriman.

“Ketiganya lansia, memiliki komorbid, dan semuanya belum divaksin,” ujar Dio.

Untuk lansia, capaian vaksin dosis I belum mencapai sekitar 79,2 persen. Kemudian untuk lansia yang sudah menerima vaksin dosis II baru sekitar 73 persen, dan dosis ketiga baru sekitar 18,74 persen.

Dio menjelaskan, lansia sangat rentan terkena Covid-19, terutama yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

“Oleh karena itu kami sangat memohon masyarakat kembali tetap berada di rumah saja. Perketat protokol kesehatan dan gunakan masker 2 lapis,” ujarnya.

Dio mengatakan, hasil tes laboratorium sudah keluar dari Puslitabangkes dan hasil test sudah ada dari Labkesda Provinsi.

“Di Balikpapan sudah ada jenis varian Omicron. Namun masih ada juga ditemukan jenis Delta. Sehingga saat ini virus yang menyebar campuran, ada varian Omicron dan ada varian Delta. Oleh karena itu kami sangat memohon masyarakat kembali tetap berada di rumah saja, perketat protokol kesehatan dan gunakan masker 2 lapis,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *