Balikpapan. Gerbangkaltim.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menutup rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di halaman kantor Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan di Balikpapan pada Jumat (09/03). Pelaksanaan Bulan K3 Nasional sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2024 yang dengan mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”, sedangkan tema korporat yaitu “Budayakan HSSE Pada Diri, Rekan Kerja dan Keluarga untuk Menjaga Keberlanjutan Bisnis.”

Executive General Manager (EGM) Regional Kalimantan Alexander Susilo dalam sambutannya menyampaikan kegiatan bulan K3 merupakan booster atau pemacu para pekerja terkait pentingnya aspek HSSE (Health, Safety, Security & Environment) karena tidak terpisahkan dengan kegiatan operasional perusahaan.

“Hal ini juga selaras dengan Living HSSE Culture yang sedang dijalankan oleh PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan. Dimana kita harus menghidupkan atau menjadikan budaya HSSE sebagai gaya hidup sehari-hari demi menjaga keberlangusngan bisnis perusahaan,” ungkap Alexander.

Ia menambahkan, peringatan bulan K3 jangan hanya bersifat seremonial namun harus menjadi komitmen bersama karena budaya HSSE merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan.

“Saya berharap momen ini tidak berlalu setelah bulan K3 selesai tapi pastikan K3 tetap berjalan. Kegiatan ini mengingatkan kita bahwa K3 bukan hanya tanggung jawab fungsi HSSE tapi semua pekerja. Patuh, Intervensi dan Peduli menjadi kata kuncinya.” tambah Alex.

Sementara itu momen Bulan K3 sangat penting dalam rangka turut membentuk pekerja berbudaya K3 dalam segala aktivitas dan bersama mendukung bisnis perusahaan.

“Penerapan HSSE oleh para pekerja tentu mendukung pencapaian dan produktifitas kerja Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan sebagai perusahaan minyak dan gas yang memiliki resiko yang tinggi terkait keselamatan sarana dan prasarana serta penanganan bahan berbahaya dan beracun (B3), sehingga mutlak K3 adalah priorotas utama dan memerlukan komitmen untuk menjalankannya,” ungkap Alex.

Rangkaian Kegiatan bulan K3 Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2024 lalu. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan berbagai kegiatan antara lain: Sosialisasi dan Penanganan Bahaya Biologi Hewan Berbisa, Penanggulangan Kebakaran Kompor, fun fire combat serta berbagai seminar HSSE dan kompetisi-kompetisi bertema keselamatan, sekuriti, kesehatan dan lingkungan.

“Kegiatan peringatan bulan K3 tahun ini lebih banyak difokuskan kepada internalisasi budaya HSSE kepada seluruh Pekerja dan Mitra Kerja di Lingkungan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan. Hal ini sebagai upaya menyadari pentingnya aspek HSSE dan semakin bertambah tingkat keahliannya dalam menghadapi keadaan da rurat dan mitigasinya sehingga kegiatan operasional terjaga kehandalannya,” pungkas Alex.

Share.
Leave A Reply