Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pawai Taaruf Ramadan 1445 Hijriah dan Kirab Piala Adipura Kencana yang akan dilaksanakan Pemkot Balikpapan bakal meriah karena melibatkan seluruh komponen masyarakat dengan melibatkan 800 orang peserta.

Rencananya kegiatan ini akan diikuti sebanyak 25 mobil hias yang akan dimulai dari Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan pukul 08.00 wita dan finish di Halaman Balikpapan Sports and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan, Minggu (10/3/2024).

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Zulkifli mengatakan, hasil rapat terakhir pelaksanaan kegiatan dilaporkan panitia, persiapannya sudah 98 persen. Saat ini tinggal menunggu pemasangan stand karena menunggu kegiatan lomba slalom tes mobil selesai.

“Stan-stan akan dibuat pada malam hari, dan mudah-mudahan tuntas malam ini,” ujarnya,” ujarnya, Sabtu (9/3/2024).

Rute pelaksanaan Pawai Taaruf Ramadan 1445 Hijriah dan Kirab Piala Adipura Kencana ini star di halaman Kantor Wali Kota melintas di jalan Jenderal Sudirman. Kemudian masuk ke Jalan Marsma R Iswahyudi, Jalan Syarifuddin Yoes dan masuk ke Jalan Ruhui Rahayu II dan memutar di depan Kantor Dishub Balikpapan berakhir di Halaman BSCC Dome Balikpapan.

“Total setidaknya ada 25 mobil dan 100 motor yang akan ikut dalam rombongan kirab piala adipura,” ucapnya.

Selain kirab piala adipura, katanya, pawai taaruf Ramadan akan melibatkan sebanyak 800 peserta, mulai dari drum band, pelajar MI dan MTS.

“Untuk peserta pawai akan menunggu di sekitar kantor Dishub dan DPU untuk bersama -sama berjalan kaki menuju ke BSCC Dome. Hanya saja yang lebih dahulu jalan peserta kirab piala adipura kemudian disusul oleh peserta pawai taaruf,” jelasnya.

Zulkifli menjelaskan, dari informasi Disdikbud Balikpapan juga akan menurunkan 1000 pelajar. Yang mana pelajar ini akan berada dibeberapa titik lokasi.

“Mereka ada yang ditempatkan di depan Rumah jabatan Wali Kota. dan ada disisi kanan dan kiri jalan masuk ke BSCC Dome,” akunya.

Nantinya. Selain piala adipura kencana yang diarak juga didamping dengan 46 piala Adiwiyata dari berbagai sekolah yang ada di Kota Balikpapan.

“Sampai di BSCC Dome, peserta pawai akan diterima langsung Wali Kota Balikpapan dan unsur forkompinda,” akunya.

Pihaknya juga akan menyiapkan stan bagi warga yang ingin berfoto dengan piala adipura kencana dan piala adiwiyata.

“Warga juga dipersilahkan jika ingin berfoto. kami siapkan tempatnya dan tentunya juga akan melibatkan sejumlah UMKM kuliner dan binaan TP PKK yang ada di Kota Balikpapan,’” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, katanya, Pemkot Balikpapan juga melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (KUMKMP).

“Keterlibatan UMKM ini merupakan inisiatif dari Wali Kota Balikpapan, sebab kegiatan tersebut merupakan momen masyarakat berkumpul,” tukasnya

Zulkifli menggambarkan nantinya BSSC Dome dipastikan akan dipenuhi masyarakat yang menonton atau sekedar berwisata kuliner, dimana kegiatan tersebut nantinya digelar pada pagi hari.

“Yakni hari Minggu start pukul 08.00 Wita dan selanjutnya di BSCC Dome pukul 09.00 Wita,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply