Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan bersama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan rukyatul hilal untuk penetapan 1 Dhulhijjah 1445 Hijriah di Menara Balikpapan Islamic Centre (BIC).

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Balikpapan, H Muhaimin, ST,MT mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE,ME.

Dalam sambutanya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Balikpapan, H Muhaimin, ST,MT , Wali Kota Balikpapan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan data lengkap terkait rukyatul hilal di kota Balikpapan.

“Semoga momentum ini bisa dijadikan pedoman resmi. Bisa menentramkan masyarakat terutama menghadapi perbedaan,” ujarnya, Jumat (7/6/2024).

Rahmad Mas’ud menambahkan, di tahun ini penentu Idul Adha sudah disepakati. Dimana ini adalah komitmen sebagai umat Islam untuk melihatkan syariat agama dengan penuh kehati-hatian dan ketelitian.

“Saya ucapkan terima kasih kepada petugas yang penuh dedikasi melaksanakan tugasnya. Saya berharap dengan pelaksanaan rukyatul hilal ini penentuan atau penetapan idul adha bisa kita lakukan dengan cepat dan akurat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Masrivani mengatakan, hari ini adalah tanggal 29 Zulkaidah, sehingga serentak Kemenag melakukan rukyatul hilal untuk penetapan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah.

“Kami melaksanakan rukyatul hilal bersama BMKG dan instansi terkait untuk penetapan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah. Karena tanggal 1 Dzulhijjah ini berpengaruh dengan Hari Raya Idul Adha,” jelasnya.

Dikatakannya, berdasarkan data dari BMKG Balikpapan, ketinggian hilal hari ini ketika matahari terbenam pada pukul 18.13 berada pada sekitar 9 derajat. Maka, kondisi tersebut telah melampaui daripada batas imkan rukyat yang ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama, Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura).
“Bahwa imkan rukyat ketinggian hilal adalah 3 derajat dengan elongasi 6,4. Pada data hari ini ketinggian hilal 9 derajat. Sehingga berdasarkan rukyatul hilal terbenamnya matahari ini, bisa kita analisis, Insyaallah Sabtu ditetapkan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah,” ungkapnya.

Sedangkan pihaknya akan tetap menunggu hasil penetapan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriah dari sidang isbat yang digelar Kemenag Pusat.

“Idul Adha tanggal 17 ini, dan itu bersamaan dengan penetapan Muhammadiyah yang jauh-jauh hari menetapkan 1 Dzulhijjah pada hari Sabtu. Sehingga Insyaallah tahun ini pelaksanaan Idul Adha akan bersama-sama,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply