Pemkot
Plt Kabid Pengairan PU Kota Balikpapan Faridah

Pembuatan Drainase dan Peninggian Jl MT Haryono Tunggu Kajian Satlantas Polresta Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan masih menunggu hasil kajian rekayasa lalu lintas yang dilakukan Satlantas Polresta Balikpapan, sebelum memulai membangun saluran drainase dan peninggian Jalan MT Haryono tepat di depan Global Sport Balikpapan.

Plt Kabid Pengairan PU Balikpapan Faridah mengatakan, Dinas PU Kota Balikpapan bersama Satlantas Polresta Balikpapan sedang mempersiapkan waktu yang tepat memulai pembuatan drainase di depan global sport untuk pengaturan lalu lintas.

”Kemarin satlantas minta didampingi untuk peninjauan lapangan. Setelah peninjauan lapangan ini, nantinya akan adalah arahan satlantas , titik mana dulu untuk dikerjakan. Nah, kalau sudah ada arahan kami rakit besi,” ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Ditambahkannya, di jalan MT Haryono tepatnya di global sport Balikpapan ini juga nantinya akan dilakukan pembersihan kiri kanan jalan.

“Di lokasi ini selain dibuat drainase juga ada peninggian badan jalan,” tegasnya.

Ditambahkannya, sambil menunggu arahan dari Satlantas Polresta Balikpapan tersebut, DPU Kota Balikpapan bersama kontraktor akan melakukan pengangkatan abutment atau bongkahan beton yang menutupi saluran air yang berada di bawah jembatan PDAM.

Dan untuk jadwal pengangkatan abutment ini, Dinas PU Kota Balikpapan akan mendatangkan sejumlah alat berat, namun tidak bisa dilakukan saat jam kerja, karena sesuai ketentuan harus dilakukan diluar jam kerja.

”Alat beratnya datang dari Kariangau, cuma bisanya didatangkan pada malam hari, ini juga termasuk Jack hammer untuk menghancurkan beton,” paparnya.

Setelah pengangkatan abutment di jembatan PDAM, katanya, pengerjaan ini akan dilanjutkan pengangkatan abutment di jembatan Zurich.

“Itu primer Ampal. Itu akan kita kerjakan dulu. Targetkan kontraktor minggu ini Kerjakan yang di jembatan PDAM,” jelasnya.

Sementara itu, Pemkot Balikpapan memiliki komitmen yang tinggi dalam menanggulangi banjir di Balikpapan. Ini dibuktikan dengan menyiapkan anggaran di tahun 2022-2023 dalam proyek multiyear untuk penanganan banjir sebesar Rp136 miliar.

Anggaran ini untuk 6 lokasi proyek masing-masing pembuatan drainase dan peninggian jalan depan global sport, pengangkatan abutment di dua jembatan PDAM dam dan Zuric, pelebaran drainase jalan MT Haryono mulai jembat ke arah Auto 2000 atau sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.