Peringati Maulid, Paguyuban Ngapak di Paser, Gelar Wayang Santri

image_pdfimage_print

PASER, Gerbangkaltim.Com- Paguyuban Ngapak Kabupaten Paser memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW 1444/2022  dengan menggelar ngaji bareng  di halaman Kantor Desa Tapis, Tanah Grogot, Rabu malam (19/10/2022).

Ngaji bareng yang diikuti warga ngapak Kabupaten Paser dan warga ngapak Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu menghadirkan penceramah Raden Tunjung SH dari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Ceramah yang disampaikan Raden Tunjung itu diselingi dengan pagelaran wayang santri dan aksi guyon (komedi tunggal) Gareng, tokoh punakawan dalam dunia pewayangan.

Dalam ceramahnya Raden Tunjung mengatakan peringatan maulid sebagai sarana untuk mengingatkan kepada kita tentang akhlak Nabi Muhammad SAW yang harus diteladani dalam kehidupan  agar selamat dunia dan akhirat.

Menurut dia, banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan sebagai bentuk perayaan lahirnya Nabi Muhammad SAW seperti memperbanyak shalawat, mengkaji sejarah dan meneladani perilaku Nabi Muhammad.

Paguyuban Ngapak adalah komunitas warga  yang didasari pada kesamaan dialek atau bahasa yang digunakan sehari-hari.

“Dialek Ngapak ada di wilayah provinsi Jawa Tengah bagian barat, ” Kata Ketua Paguyuban Ngapak Kabupaten Paser, Mikan Wanakarta.

Daerah Ngapak meliputi Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Sebagian wilayah Kebumen.

Paguyuban Ngapak memiliki yel-yel  khas yakni Ora Ngapak Ora Kepenak.

Kegiatan ngaji bareng bertema Kuat Agamane Lestari Budayane merupakan kegiatan kerja sama antara Paguyuban Ngapak, Ika Pakarti dan Pemerintah Desa Tapis.

Hadir dalam acara peringatan maulid, Ketua Ika Pakarti Kabupaten Paser Budi Santoso, Sekretaris DPD Muhammadiyah Kabupaten Paser, M. Syarif, Ketua PCNU Kabupaten Paser Khoirul Huda, Camat Long Kali Pujiono, Camat Kuaro M. Sidik Said dan Kades Tapis Dodi Ismanu. (erwe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *