Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Penjabat (PJ) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menitip doa kepada calon jemaah haji (calhaj) agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan lancar.

“Mohon doanya, karena doanya haji ini jauh lebih mabrur, jangan lupa di Arafah berdoa, serta di Musdalifah,” ujar, Penjabat (PJ) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, saat melepas 324 calhaj Kloter 1 Asal Kota Balikpapan, di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan, Selasa (14/5).

Akmal menambahkan, IKN ini merupakan berkah buat Provinsi Kaltim, dimana Presiden Jokowi memindahkan IKN dengan tujuan agar ekonomi di Indonesia bisa lebih merata hingga wilayah timur Indonesia.

“Kami dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim juga mendoakan calon jemaah selalu mendapatkan perlindungan dari Allah dan pulang jadi haji yang Mabrur,” ungkapnya.

Dalam pelepasan ratusan calon jemaah tersebut, Akmal juga memberikan cenderamata untuk bekal ketika berada di Kota Makkah nanti.

“Mereka ini juga sebagai duta IKN, makanya saya minta dinas perdagangan untuk membekali jemaah dengan cenderamata berupa makanan khas Kaltim,” jelasnya.

Adapun makanan itu seperti abon khas Kaltim dan lain sebagainya, dan tentu penuh harapan makanan khas Kaltim itu bisa dikenal di luar Negeri.

“Ini kesempatan kita untuk promosi apa yang kita miliki,” paparnya.

Dalam pelepasan calhaj tersebut, Akmal memberikan apresiasi terhadap para penyelenggara.

“Saya 2010 berangkat haji, saya patuh dengan pemerintah haji cuman sekali. Dulu sama sekarang beda, Pelayanan di Madinah Makkah dan Jenah jauh lebih baik dari 10 tahun lalu,” jelasnya

Lantas, Akmal meminta agar para jamaah tidak khawatir lebih lagi terkait makanan, sebab selai mendapat bekal makanan di Arab Saudi juga lengkap.

“Pemerintah juga melindungi selama beribadah,” katanya.

Akmal melanjutkan, ibadah haji bukan perjalanan biasa dan dibutuhkan kesehatan fisik dan mental. Di sisi lai hampir 30 persen yang berangkat hari ini berusia lebih dari 60 tahun.

“Jadi saya minta untuk saling membantu satu sama lain, tolong jaga nama baik daerah, negara dan agama. InsyaAllah akan diberikan berkah dan perlindungan dari Allah SWT,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply