Presiden Jokowi menyerahkan zakat melalui Baznas, Selasa (12/04/2022), di Istana Negara, DKI Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar)

Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Zakat ke Baznas

Jakarta, Gerbang Kaltim.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), di Istana Negara Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Selain orang nomor 1 dan 2 di tanah air yang menyerahkan zakat, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan lembaga negara, para kepala daerah, para direktur Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perwakilan perusahaan swasta mengikuti niat Presiden dan wakilnya.

“Alhamdulillah, pada hari ini saya bersama dengan Bapak Wakil Presiden dan para pimpinan lembaga serta para menteri, para gubernur, bupati, dan wali kota bisa tetap berzakat di tengah pandemi,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan, menunaikan zakat merupakan kewajiban umat Islam untuk berbagi rezeki dan berbagi kebahagiaan dengan saudara sebangsa dan setanah air, terutama para mustahik. Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengimbau kepada seluruh pihak untuk menunaikan zakat melalui amil zakat resmi agar dapat memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh pejabat negara, seluruh pejabat di BUMN, seluruh perusahaan swasta, dan seluruh kepala daerah beserta jajarannya di seluruh Indonesia, untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas, sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional dan teratur serta berdampak baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kita,” ujarnya.

Kepala Negara juga berharap agar dana zakat yang dihimpun BAZNAS ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu masyarakat, terutama yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19, dan juga membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh.

“Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah swt.,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Noor Achmad dalam laporannya menyatakan, komitmennya untuk terus mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“BAZNAS berkomitmen fokus pada program pengentasan kemiskinan dengan memprioritaskan program ekonomi, kesehatan, dan beasiswa, terutama untuk para yatim piatu yang ditinggal wafat oleh orang tuanya akibat COVID-19,” ujar Noor Achmad.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua BAZNAS Noor Achmad, serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. (FID/UN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: