Raih Penghargaan Tingkat Asean, Wali Kota Bogor Arya Bima Puji Kota Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kota Bogor Bima Arya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang telah berhasil mendapat penghargaan ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) award ke-19 tahun 2021 mewakili Indonesia.

Hal ini disampaikan Bima Arya saat berkunjung ke Kota Balikpapan dan menyempatkan diri blusukan di Kota Balikpapan pada Rabu (3/11/2021), sebelum mengikuti kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang digelar di Samarinda.

“Menurut saya yang punya pengalaman sempat tinggal di Balikpapan saat masih kecil dan kerap berliburan di Balikpapan, kok tidak berbeda jauh, kebersihannya masih terjaga,” ujar Bima Arya, Kamis (4/11/2021).

Bima melihat menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi konturnya orang Balikpapan, kemudian juga program pemerintah dan sistemnya yang sudah ada yang berjalan baik.

“Saya sering keliling Indonesia dan Bogor harus banyak belajar dari banyak daerah termasuk dengan Kota Balikpapan,” akunya.

Kata Bima, hal lain yang harus diperhatikan yakni masalah Angkutan Kota di Balikpapan yang terbatas dan ini beda dengan Bogor yang pertumbuhan angkutan kotanya terlalu cepat, makanya saat ini di Bogor mulai melakukan penataan kembali untuk angkutan kotanya.

“Saya lihat pola angkutan kota di Balikpapan ini sangat bisa ditiru, dimana pertumbuhan infrastrukturnya juga diiringi dengan transportasi publiknya,” tutur Bima yang juga Ketua APEKSI ini.

Untuk informasi, Penghargaan The 5th ASEAN ESC Award and the 4th Certificate of Recognition ini merupakan salah satu program kerjasama ASEAN di bawah koordinasi ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC).

Tujuan program ini adalah untuk mendorong semakin bertumbuhnya kota-kota berkelanjutan di ASEAN. Ini dilakukan sebagai pengakuan dan apresiasi kepada kota-kota yang telah melakukan berbagai inisiatif dan upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Sebanyak 10 kota di masing-masing negara anggota ASEAN dianugerahi ESC Award yakni Temburong, Brunei Darussalam; Preah Sihanouk City, Cambodia; Balikpapan, Indonesia; Xamnneua City, Lao PDR; Majlis Bandaraya Shah Alam (MBSA), Malaysia; Nyaung Oo (Bagan) City, Myanmar; Marikina City, Phillipines; Nee Soon South Division, Singapore; Yala Municipality, Thailand dan Can Tho City, Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: