Pemkot
Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Balikpapan menggelar Talkshow dengan tema Digitalisasi Bisnis Dalam Society 5.0 Untuk Menghadapi Tahun 2023. Minggu (13/11/2022).

Sambut IKN, DKUMKMP Apresiasi Talkshow Gelaran HIPMI Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan bersama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Balikpapan menggelar Talkshow dengan tema Digitalisasi Bisnis Dalam Society 5.0 Untuk Menghadapi Tahun 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar UMKM 2022.

Plth Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, Rosdiana mengatakan, Pemkot Balikpapan sangat mengapresiasi kegiatan talkshow ini, terutama dalam rangka untuk lebih mengembangkan pengusaha muda dan pelaku UMKM di Balikpapan.

“Apalagi, Kota Balikpapan menjadi beranda IKN Nusantara, maka pengusaha muda dan pelaku UMKM harus memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu bersaing dengan pelaku usaha dari daerah lainnya,” ujarnya, Minggu (13/11/2022).

Ketua BPC Hipmi Kota Balikpapan, Iwan Wahyudi mengatakan, pengusaha itu tidak bisa menunggu tapi harus proaktif.

“Kita harus gigih menjemput bola, bukan bola yang datang pada kita,” ujarnya.

Talkshow dengan tema Digitalisasi Bisnis Dalam Society 5.0 Untuk Menghadapi Tahun 2023 menghadirkan sejumlah nara sumber diantaranya Ketua BPC Hipmi Kota Balikpapan Iwan Wahyudi, Wakil Ketua BPC Hipmi Kota Balikpapan Gleen Nirwan, CEO Bidfish.id Zulfadli dan Badan Eksternal OIKN Gatot Soeharto.

CEO Bidfish.id Zulfadli mengatakan, pengusaha Kota Balikpapan menyambut positif atas pindahnya Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Dan sudah barang tentu ini menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan peluang ekonomi secara maksimal. Apalagi secara geografis IKN Nusantara berada di Penajam Paser Utara dekat dengan Kota Balikpapan.

“Semangat para pelaku UMKM sukses terus, apalagi hadirnya IKN dapat dijadikan sebuah peluang besar bagi para pelaku UMKM di Kota Balikpapan,” ungkapnya.

Sedangkan Glenn Aringga Nirwan selaku Wakil Ketua BPC Hipmi Balikpapan mengatakan bahwa, teknologi sangat berpengaruh dalam bidang pemasaran.

“Dalam Dunia digitalisasi, kita bisa mempromosikan usaha di media sosial, Karena saat ini sudah banyak pegiat pegiat media sosial. Informasi disebarkan melalui media sosial, untuk para pelaku UMKM manfaatkanlah teknologi semaksimal mungkin. Karena teknologi dibuat untuk untuk memudahkan hidup kita,” ucapnya.

Sepakat dengan Glenn, kaitannya resesi dengan UMKM, Zulfadli selaku CEO Bidfish.id menyampaikan tidak perlu berpacu dengan yang terjadi ke depan.

“Kita kerjakan saja dengan go head, karena jika dikerjakan dan terdapat sebuah potensi, perputaran ekonomi bisa terkondisikan,” tegasnya.

“Namun jika hanya diam saja, sudah pasti belum siap dengan keberhasilan,” tambahnya.

Selain itu Fadli mengingatkan bahwa, sudah banyak bisnis yang tumbang akibat tidak mengikuti perkembangan digitalisasi.

“Tidak harus membuat platform, tetapi dengan memanfaatkan platform saja,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *