Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Stadion Batakan yang ada di Kota Balikpapan dipastikan siap untuk menggelar pertandingan semi final Championship Series liga 1 Indonesia yang akan mempertemukan Borneo FC Samarinda dan Madura United 19 Mei 2023 mendatang.

Untuk melihat sejauhmana kesiapan stadion dalam menggelar laga tersebut, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Balikpapan serta official tim dari Borneo FC yang dipimpin Ponaryo Astaman mengecek langsung kesiapan stadion tersebut, Selasa (14/5/2024).

“Kami bersama Ponaryo Astaman mengecek langsung kesiapannya hari ini,” Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME dijumpai disela-sela pengecekan stadion.

Rahmad Mas’ud mengatakan, kedatangannya ke stadion untu memastikan kondisi stadion sudah dalam keadaan siap menggelar pertandingan, baik itu berskala nasional maupun internasional.

“Dan alhamdulillah secara fisik kan sudah siap, setelah kemarin juga sudah digunakan sebagai home basenya Borneo FC Samarinda dan PSM Makassar,” ungkapnya.

Menurutnya, bila ada kekurangan pada stadion berkapasitas lebih dari 40 ribu tersebut hanya pada pernak perniknya.

Dalam peninjauan tersebut, Rahmad Mas’ud juga membahas terkait sejumlah ruang yang berada di lantai dasar, dimana pada lantai dasar itu merupakan tempat parkir untuk kendaraan roda 4 khususnya.

“Nanti bisa digunakan sebagai tenan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), selain itu juga penginapan atau hotel yang kami kerjasamakan dengan pengelola pihak ketiga,” jelasnya.

Sementara itu, terkait penunjang lainnya seperti lapangan latihan diperkirakan rampung sebelum Agustus.

“Lapangan latihan itu juga merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan standar dari stadion batakan untuk kegiatan event nasional maupun internasional,” jelasnya.

Wali Kota Rahmad menegaskan dari pemkot siap mendukung semua kelengkapan fasilitas olahraga.

“Bukan hanya sepak bola, nemun juga yang lain juga seperti sirkuit dalam waktu dekat akan kami tindak lanjuti,” ujarnya

Pada laga Champions Series Liga 1 Indonesia dipastikan menggunakan asisten wasit video atau Video Asisten Refere (VAR).

Dalam hal ini, wali kota memastikan Stadion Batakan memiliki sejumlah ruang untuk meletakan kamera VAR.

Direktur Borneo FC Samarinda Ponaryo Astaman menambahkan untuk VAR nantinya disiapkan oleh Panitia Penyelenggara (Panpel).

“Dan mereka sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan UPTD maupun dari pihak Liga Indonesia Baru (LIB),” paparnya.

Ponaryo memastikan semua sudah terkoneksi sehingga 19 Mei nanti sudah siap digunakan saat Borneo bersua MU di semifinal Championship series Liga 1 2023.

Share.
Leave A Reply