Bulungan, Gerbangkaltim.com – Kemenkumham, Kemenpan RB dan Kementerian ATR untuk melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Utara. Kamis, (20/06/2024).

Kepala Kanwil Kumham Gun Gunawan bersama dengan Kepala Biro Perencanaan Ida Asep Somara dan Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Kemenpan RB Nani Murwati, melakukan Audiensi ke Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Dalam Audiensi tersebut, Kakanwil juga didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Polhukam Istiadi Insani, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi Kementerian ATR Deni Santo, Ka-UPT di Wilayah Kalimantan Utara beserta jajaran.

Pertama-tama, Kakanwil beserta rombongan melakukan Audiensi ke Kantor Bupati Kabupaten Bulungan, setiba dilokasi rombongan Kemenkumham, Kemenpan RB dan Kementerian ATR di sambut hangat oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Bulungan Adi Irwansyah, ia menyampaikan harapannya agar Kanwil Kemenkumham Kalimantan Utara dapat segera dibangun dan beroperasi dalam memberikan pelayanan hukum ke masyarakat.

“Tanjung Selor harus kita kembangkan melalui pembangunan hukum yang memadai, oleh karena itu mari kita bersinergi dalam mewujudkan pembangunan Kanwil Kumham Kaltara,” ujar, Adi Irwansyah.

Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Kemenpan RB Nani Murwati menjelaskan, tujuan Audiensi tersebut yaitu untuk berkoordinasi dan memastikan kesiapan infrastruktur berupa gedung sementara dan lahan yang akan digunakan sebagai pembangunan Kanwil Kemenkumham Kaltara.

“Kanwil diberikan mandat untuk memfasilitasi pembinaan dan pelayanan hukum yang ada di wilayah, saya sangat berharap Pemerintah Kabupaten Bulungan memberikan dukungan, sehingga pembangunan Kanwil Kemenkumham Kaltara dan Kanwil Kementerian ATR dapat terlaksana,” jelas Nani.

Sementara itu dalam penyampaiannya, Kepala Biro Perencanaan Kemenkumham Ida Asep Somara berharap, adanya kepastian terhadap penyediaan kantor sementara kepada jajaran Kemenkumham yang nantinya akan berkantor di Kabupaten Bulungan Kecamatan Tanjung Selor.

“Saya yakin keberadaan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Utara ini akan berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat dan memajukan pembangunan hukum di Kalimantan Utara,” Sebut Ida Asep.

Nada yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan, ia menegaskan bahwasanya Pelayanan Publik merupakan tujuan utama dalam pembangunan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Utara.

“Hadirnya Kanwil Kumham Kaltara ini tentunya akan mempermudah pelayanan yang berhubungan dengan Administrasi Hukum dan juga dapat meningkatkan pembangunan hukum di Kalimantan Utara,” Jelas Gun Gun Gunawan.

Gun Gun Gunawan juga berharap pembangunan Kanwil Kemenkumham Kaltara ini dapat segera di laksanakan agar dapat membantu masyarakat terkait pelayanan yang berhubungan dengan Pemasyarakatan, Keimigrasian dan Pelayanan Hukum seperti Pelayanan Kekayaan Intelektual, Administrasi Hukum Umum dan Pelayanan Hak Asasi Manusia.

Kemudian Kakanwil beserta rombongan melanjutkan Audiensi ke Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, yang disambut langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Kalimantan Utara Pollymaart Sijabat beserta jajaran untuk melakukan pembahasan terkait pembangunan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Utara.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Kalimantan Utara Pollymaart Sijabat yang dalam hal ini mewakili Gubernur Kalimantan Utara menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang telah dilakukan Tim dari Kemenkumham, Kemenpan RB dan Kementerian ATR, sangat mendukung penuh atas perencanaan pembangunan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Utara.

“Pembangunan Kanwil Kumham Kaltara ini tentunya akan berdampak positif ke masyarakat yang ada di Kaltara, saya berharap pembangunan ini segera direalisasikan sehingga pelayanan Administrasi Hukum lebih mudah dijangkau tanpa harus ke Kalimantan Timur,” tutup Sijabat. (Red.Humas Kumham Kaltimtara)

Share.
Leave A Reply