1.760 Ketua RT se Balikpapan Akhirnya Dapat BPJS Ketenagakerjaan Gratis

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot kembali memberikan layanan kesejahteraan kepada warga Balikpapan, kali ini sebanyak 1.760 Ketua RT se Kota Balikpapan mendapatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis. Setelah sebelumnya memberikan layanan BPJS Kesehatan gratis kelas 3 bagi warga Balikpapan bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP).

“Ada sebanyak 1.760 ketua RT yang akan kita tanggung premi BPJS Ketenaga kerjaannya,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud, Sabtu (2/10/2021).

Hal ini tertuang dalam penandatangan MoU Antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kota Balikpapan yang dilaksanakan di ruang rapat 1 Kantor Walikota, Sabtu (2/10/2021).

Rahmad mengatakan,tujuan pemberian layanan BPJS Ketenagakerjaan secara gartis bagi ketua RT se Balikpapan ini agar para ketua-ketua ini dapat meningkatkan perannya dalam membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program kerjanya.

“Para Rt ini sangat mengetahui, apa saja permasalahan yang ada di wilayahnya yang perlu segara dicarikan solusinya, sehingga apa pun, usulan, saran, kritik hingga pembangunan, minimal Pemkot Balikpapan bisa mengetahuinya,” jelas Rahmad.

Pjs Kepala BPJS ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Roni Setiawan mengatakan, manfaat yang didapat para ketua RT ini meliputi pelindung jiwa seperti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Program ini akan berlanjut hingga 2022 mendatang, hanya saja mungkin akan ada evaluasi perlindungan terhadap RT, apakah hanya Ketua RT nya saja atau pengurus RT juga dilibatkan,” ujarnya.

Saat ini, katanya, baru Ketua RT yang dianggarkan masing-masing Rp 16 ribu sebulan.

Kedepan diharapkan, Pemkot bisa menginstruksikan OPD di lingkungan Pemkot agar membantu program BPJS Ketenagakerjaan, misal di Dinas Koperasi dan UMKM disana banyak terdapat UMKM dan pedagang yang bisa diajak bergabung ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Sehingga mereka bisa terlindungi dengan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *