Kodam
Yayasan Kartika Jaya Cabang V Mulawarman memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) kepada siwa dan siswi SMP, SMA dan SMK Kartika V-1 Balikpapan. Sabtu (15/10/2022).

2.756 Siswa SMP, SMA dan SMK Kartika VI Balikpapan Ikuti LDKS Kodam VI Mlw

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Guna membentuk karakter yang berjiwa kepemimpinan dan cinta tanah air, Yayasan Kartika Jaya Cabang V Mulawarman memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) kepada siwa dan siswi SMP, SMA dan SMK Kartika V-1 Balikpapan. Sabtu (15/10/2022).

Sesuai rencana, latihan akan dilangsungkan selama 2 hari mulai hari ini, Sabtu s.d Minggu (15 s.d 16 Oktober 2022) bertempat di Makodam Kompleks. Diawali dengan upacara pembukaan, di lapangan Makodam VI/Mlw, bertindak sebagai Irup Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Adapun Komandan Upacara adalah Waasrendam VI/Mlw Letkol Czi Pabate, S.T., M.I.Pol.

Dalam sambutannya Pangdam VI/Mlw menjelaskan bahwa dengan memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan, kerjasama tim (team work), Peraturan Baris Berbaris (PBB), meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab, memantapkan kemampuan kepemimpinan serta materi lain yang bersifat pengetahuan yang dimiliki para siswa, maka kelak diharapkan tumbuh generasi muda yang tangguh berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat.

“Perlu disadari bahwa generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju. Oleh karena itu, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh. Kalian harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia, karena sejarah bangsa ini akan ditentukan oleh pemudanya.” tegas Pangdam di sela-sela Amanat.

Dengan digelarnya kegiatan LDKS ini diharapkan para siswa mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, sekaligus sikap hormat menghormati, toleransi dan sopan santun.

Di depan awak media Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang V Mulawarman Ny. Rahma Tri Budi Utomo menyampaikan bahwa latihan LDK ini sebagai wadah pembinaan terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter kebangsaan, disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab sehingga kedepannya dapat diandalkan untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Adapun materi yang akan diberikan dalam kegiatan ini meliputi latihan Wawasan Kebangsaan, PBB, Out Bond, Pengetahuan Lalu Lintas, Pengetahuan Kesehatan, dan di akhiri oleh Renungan Malam dan Api Unggun.” Tegas Ny. Rahma Tri Budi Utomo

“LDKS kali ini diikuti 2.756 siswa siswi SMP, SMA dan SMK Kartika V-I Balikpapan, terdiri dari 637 siswa SMP, 407 siswa SMA dan 1.712 siswa SMK.” Pungkas Ny. Tri Budi Utomo.

Hadir pada Upacara Pembukaan ini yakni Kasdam VI/Mulawarman, Irdam VI/Mulawarman, Kapok Sahli Pangdam VI/Mulawarman, Para Asisten Kasdam VI/Mulawarman, Para Kabalak dan Komandan Satuan, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang V Daerah VI/Mulawarman beserta pengurus, Para Kepala Sekolah SMP, SMA dan SMK Kartika V-1 Kartika dan Para Guru Pendamping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *