20 Ribu Warga dan Wali Kota Salat Id di Masjid Madinatul Iman Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pelaksanaan salat Id di Balikpapan dilaskanakan di sejumlah masjid dan lapangan, salah satunya di di Masjid Madinatul Iman Balikpapan, Kompleks Balikpapan Islamic Center, Balikpapan. Di masjid ini sebanyak 20 ribu warga dan Wali Kota bersama – sama secara berjamaah melaksanakan Salat Id.

Kepala Secretariat Balikpapan Islamic Center, Damuri mengatakan, setelah dua tahun tidak dilaksanakan salat Id berjamaah karena pandemi Covid-19, kali salat Id di Masjid Madinatul Iman Balikpapan kembali dilaksanakan.

“Kapasitas masjid ini mampu menampung sebanyak 30 ribu warga, namun kali ini kami perkirakan yang datang ada sebanyak 20 ribu warga,” ujarnya, Senin (2/4/2022).

Damuri mengatakan, harapannya pelaksanaan salat di tahun-tahun mendatang akan lebih baik lagi seiring dengan menurunnya kasus Covid-19.

Kegiatan salat Id di Masjid Madinatul Iman Balikpapan ini dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud dan keluarga besarnya.

Sedangkan khatib dalam salat kali ini dipimpin langsung KH Djaelani Mawardi pada pukul 07.15 wita. Sedangkan khatib disampaikan Ustad Mustakim.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Balikpapan yang telah memiliki semangat bersama untuk melewati situasi pandemi dengan sinergi dan saling gotong royong.

Pada kesempatan ini, Rahmad Mas’ud berharap pencapaian Zakat infaq sodakoh dapat melebihi Rp48 miliar di 2022 ini.

”Peroleh ZIS di 2021 lalu mencapai Rp48 miliar. Mudah-mudahan di 2022 Insyaallah bisa lebih maksimal lagi,”ujarnya.

Dilaporkan pula bahwa sepanjang Januari 2022 hingga April kemarin ada penambahan 6000 penduduk. Hal ini tidak lepas dari banyak proyek infrastruktur di Balikpapan khususnya dan umumnya di Provinsi Kaltim.

Rahmad juga mengatakan, Meski Balikpapan berada di PPKM level 3, pelaksanaan salat id secara berjamaah dibeberapa tempat berjalan lancar dan aman baik di Masjid maupun di Lapangan.

“Ya kita berharap evaluasinya yang baik baik saja, walaupun Balikpapan PPKM level 3, tapi surat edaran dari Mendagri tidak melarang melaksanakan salat id,” jelasnya.

Tak hanya itu, Rahmad juga mengajak warga Balikpapan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) saat bersilaturahmi. Dimana pada pelaksanaan salat id di BIC tampak ribuan warga ikut hadir.

“Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca libur lebaran agar tidak muncul lagi klaster baru,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: