Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud akan melantik jajaran direksi baru Perumda manuntung Sukses terpilih pada Selasa (14/12/2021) pekan depan.

Rahmad mengatakan, rencananya hanya 3 calon terpilih yang dilantik. Namun belakangan menjadi 5 orang calon terpilih yang dilantik. Karena diharapkan berkembang.

“Hari Selasa dilantik lima-limanya. Tadinya mau tiga, kita jadikan lima. Karena semuanya punya potensi biar berkembang,” ujarnya Senin (13/12/2021).

Kelima calon direksi terpilih ditetapkan melalui Surat Wali Kota Nomor 539 Tahun tentang calon Anggota Direksi Terpilih Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan Tahun 2021.

Pansus Perumda DPRD Rekomendasikan Copot Dewas dan Direksi Manuntung Sukses Kelima calon Anggota Direksi Terpilih Perumda Manuntung Sukses yakni Andi Sangkuru, Gunawan, Joko Subiyanto, Ruswan dan Salman Farisi. Surat diterbitkan 10 Desember 2021.

Sementara itu beberapa waktu lalu, Kabag Perekonomian Setdakot Balikpapan, Neny Dwi Winahyu, Selain melakukan seleksi direksi ini, ada program besar yang akan dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan terkait restrukturisasi Perumda Manuntung Sukses itu sendiri.

“Kami memang akan melakukan beberapa kajian terkait dengan restrukturisasi perumda. Termasuk bidang usaha yang dikerjakan saat ini apakah masih efektif atau tidak. Kemudian penyertaan modal yang diberikan pemerintah kepada perumda, relevansinya berapa,” ujarnya.

Perumda ini adalah BUMD yang seluruh modalnya berasal dari pemerintah daerah. Sehingga pemerintah kota terus melakukan kajian, dan seleksi direksi ini sebagai salah satu bagian dari restrukturisasi tersebut.
“Maka dalam melakukan penjaringan tak hanya mengacu bidang kerja yang ada, tapi bisa juga memungkinkan melakukan pengembangan,” jelasnya.

Terlebih pasca pandemi COVID-19 pada situasi yang berbeda dengan sebelumnya.

“Kami berharap direksi nanti yang terpilih bisa bersama-sama Pemkot Balikpapan bersinergi melakukan restrukturisasi terhadap Perumda Manuntung Sukses,” harapnya.

Pemkot Balikpapan sangat berharap peran serta masyarakat untuk bisa membesarkan Perumda Manuntung Sukses Kota Balikpapan, salah satunya dengan mengikuti seleksi ini.

“Selain mengharapkan adanya profit dari usaha yang dilakukan, perumda ini juga dalam rangka pelayanan umum kepada masyarakat. Karena pelayanan umum di bidang masyarakat salah satunya dilaksanakan oleh Perumda ini melalui beberapa bidang usaha yang diampunya,” ujar Neny.

Menurut Peraturan Daerah Nomor 4 tahun 2018 tentang Perumda Manuntung Sukses Balikpapan, ada sembilan kegiatan usaha. Pertama real estate; kemudian transportasi dan pergudangan; ketiga pengadaan air pengolahan sampah dan daur ulang, pembuangan dan pembersihan limbah dan sampah; pengadaan listrik gas, uap atau air panas dan udara dingin; kelima kepelabuhanan.

Kemudian keenam pasar, ketujuh tenaga kerja, kedelapan Parkir dan terakhir advertising kawasan tertentu.

“Memang cukup banyak, itulah mengapa tahun depan kami akan melakukan kajian terkait bidang usaha apakah masih relevan dengan kondisi saat ini,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply