Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim selain bertugas menyelenggarakan fungsi penindakan massa dan lawan insurjensi guna terwujudnya keamanan dalam negeri, juga rutin setiap Jumat melakukan kegiatan sosial Jumat Berkah, untuk berbagi dan membangun misi polisi humanis dekat dengan masyarakat.

Kegiatan sosial ini diinisiasi oleh Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, SIK, MH dan dilaksanakan oleh jajaran Batalyon A Pelopor, mendatangi satu persatu atau door to door warga masyarakat kurang mampu di wilayah Kota Balikpapan untuk menyalurkan bantuan sembako.

“Ya namanya Program Jumat Berkah door to door ke rumah masyarakat kota Balikpapan yang membutuhkan,” kata Danyon A Pelopor Kompol Iwan Pamuji, S.H., M.H. saat dihubungi di Balikpapan, Jumat (21/6/2024).

Program Jumat Berkah sudah bergulir sejak tahun 2019 yang dulunya dinamai Distribusi Infaq Rp. 2000,- yang dananya bersumber dari hasil pengumpulan infaq 2000 dari anggota Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim. Namun, program ini dilaksanakan setiap hari jumat dan sekarang menjadi Program Jumat Berkah.

“Tujuannya hanya berbagi di hari Jumat Berkah,” kata Kompol Iwan Pamuji.

Seperti Jumat Berkah hari ini, Personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim menyalurkan bantuan sembako kepada warga Jl. APT. Pranoto, Dondang Balikpapan Tengah

Program Jumat Berkah Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim disambut positif oleh masyarakat penerimaan manfaat. Program ini berbuah kebaikan dan doa dari masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan sembako.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim atas sumbangan sedekah sembakonya, semoga Allah memberikan kelancaran kepada tugasnya,” kata warga penerima sembako Rosidi.

Di kesempatan lain, Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifai, membenarkan bahwa penyaluran paket sembako dilakukan dengan cara door-to-door.

Hal ini bertujuan agar bantuan tepat sasaran dan langsung diterima oleh yang membutuhkan.

“Kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian dan kepedulian Polri, khususnya Brimob Polda Kaltim, kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kombes Andy Rifai.

Menurutnya, selain membantu meringankan beban ekonomi, aksi Jumat Berkah ini juga menjadi momen untuk memperkuat silaturahmi antara Brimob Polda Kaltim dengan masyarakat.

Dengan melalui interaksi yang terjalin, diharapkan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta mempererat hubungan baik antara Polri dan masyarakat.

“Dengan sinergi dan kerjasama yang baik, diharapkan Brimob Polda Kaltim dapat terus berkontribusi positif dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan,” pungkas Kombes Andy Rifai. (HNH)

Share.
Leave A Reply