PLN
CSR PLN Peduli untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Ambalat telah dimulai sejak tahun 2020 dan berkelanjutan hingga tahun 2022. Rabu (19/2022).

CSR PLN Peduli Kembangkan Kawasan Wisata, Jumlah Kunjungan Meroket

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com –
Kawasan Wisata Pantai Ambalat kian menggeliat seiring dengan rampungnya bantuan CSR PLN Peduli Tahap ke 3. Kini, masyarakat dapat menikmati fasilitas yang semakin lengkap seperti flying fox, spot berfoto, penyewaan ATV&sepeda listrik dan wahana hiburan lainnya.

CSR PLN Peduli untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Ambalat telah dimulai sejak tahun 2020 dan berkelanjutan hingga tahun 2022. Total dana yang telah disalurkan untuk Pokdarwis Pantai Ambalat mencapai Rp 785.000.000.

Selasa (18/10) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berkesempatan mengunjungi Kawasan Wisata Pantai Ambalat guna meninjau bantuan CSR PLN Peduli. Pada kesempatan ini Bupati Edi memberikan apresiasinya atas bantuan PLN Peduli.

“Atas nama pemerintah, saya memberikan apresiasi kepada CSR PLN karena telah mengembangkan kawasan wisata ini dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Pokdarwis setempat, sehingga membuahkan kemajuan yang signifikan”, kata Bupati Edi.

Kemajuan yang signifikan seperti yang dituturkan oleh Bupati Edi diantaranya adalah dirasakan geliat ekonomi yang semakin tinggi. Dibuktikan hingga semester I tahun 2022 jumlah kunjungan per bulan meningkat hingga 410% dengan rata-rata 7677 pengunjung/bulan, naik dari sebelumnya dengan rata-rata hanya 1863 kunjungan/bulan sebelum masuknya CSR PLN

Tak hanya itu, sejak masuknya bantuan PLN Peduli tahun 2020 juga telah memberikan pemasukan pendapatan pajak asli daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dari restribusi kunjungan wisatawan dengan total nilai mencapai Rp 186 juta rupiah

“Saya juga melihat warga masyarakat semakin mandiri dalam mengelola fasilitas yang sudah diberikan oleh PLN, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru yang memberikan manfaat ekonomi masyarakat”, tambah Bupati Edi.

Tak hanya fasilitas yang bertambah, kegiatan UMKM setempat juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya lapak jualan milik warga setempat yang meningkat kuantitasnya melampaui 100% dari sebelum masuknya bantuan CSR PLN

Sementara itu, secara terpisah General Manager PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania, mengatakan dengansemakin berkembangnya kawasan wisata Pantai Ambalat dapat memberikan alternatif destinasi wisata di kawasan Ibukota Negara Nusantara.

Diakui oleh Joice bahwa CSR memberikan dampak positif bagi kawasan sekitar pantai dan juga warga setempat. Pasalnya, daerah sekitar pantai yang semula sepi, sekarang kian menggeliat. Kini, resort dan penginapan milik masyarakat mulai dibangun.

“Terasa sekali perbedaannya. Tentunya ini mengindikasikan meningkatnya rasa percaya diri masyarakat pada potensi wisata Pantai Ambalat. Dan kami merasa bahagia karena apa yang kami lakukan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat”, terang Joice.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *