Danlanud
Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setyono, SE, M,Han menyematkan Wings Terbang kepada sebanyak 12 orang atlet paramotor dari Federasi Aero Sports Indonesia (Fasi) Kaltim. Jum'at (5/8/2022).

Danlanud Dhomber Sematkan Wing Penerbang kepada 12 Atlet Paramotor Fasida Kaltim

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Komandan Lanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setyono, SE, M,Han menyematkan Wings Terbang kepada sebanyak 12 orang atlet paramotor dari Federasi Aero Sports Indonesia (Fasi) Kaltim.

Pemberian wings terbang ini dilaksanakan dalam upacara sederhana yang bertajuk Wings Day Pilot Paramotor Fasida Provinsi Kaltim yang dilaksanakan di Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan, Kaltim, Jumat (5/8/2022).

Dalam penyematan ini Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setiyono SE, M.Han didampingi Wakil Ketua Paramotor FASIDA Kaltim yang juga Ketua Dandito Team, Rudi Setiawan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan dr. Tjokorda Ratih Kusuma dan undangan lainnya.

Komandan Lanud Dhomber Balikpapan yang juga Ketua FASIDA Kaltim Kolonel Pnb Sidik Setiyono SE, M.Han mengatakan, penyematan wing penerbang ini adalah salah satu wujud FASIDA Kaltim membangun olahraga dirgantara.

“Ini sungguh luar biasa, untuk FASIDA Kaltim membangun olahraga dirgantara.,” ujarnya.

Olahraga dirgantara di Kaltim, lanjutnya, sangat membutuhkan energi yang lebih, karena yang pertama adalah fasilitas, kemudian sarana dan prasarana, serta yang lebih utama adalah medianya. Medianya ini adalah alam sekitar yang dijadikan lokasi untuk kegiatan olahraga Paramotor.

“Alhamdulillah, media disini cukup baik untuk mengembangkan olahraga dirgantara. Olahraga dirgantara tidak hanya olahraga prestasi, namun olahraga ini, perlu saya sampaikan, ada unsur wisatanya,” tegasnya.

Untuk itulah, lanjut Danlanud, FASIDA Kaltim menggandeng Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan karena ada satu paket yang harus sama-sama disinergikan untuk membangun olah raga ini.

Sidik berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut karena FASIDA Kaltim telah terbukti mampu melahirkan atlet-atlet muda yang berasal dari penggiat olahraga dirgantara di Balikpapan, Kaltim, salah satunya Rudi Setiawan dengan Dandito Teamnya.

“Semoga nanti ada banyak lagi. Kita harapkan tim-tim yang akan kita bina, tidak hanya di Balikpapan tapi di kabupaten-kabupaten lain juga akan kita dorong supaya untuk berpartisipasi,” harap Danlanud.

Pihaknya mengakui, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan FASI ini. Masyarakat agak sedikit awam dan juga kurang memasyarakat, karena hanya komunitas tertentu yang punya nyali, dan dukungan fasilitas, sarana dan prasarana, dan media (alamnya).

“Yang terpenting lagi adalah mental, berani apa tidak. Karena olahraga ini benar-benar memerlukan keberanian,” tandasnya.

Sementara jumlah atlet Paramotor yang menerima wing penerbang berjumlah 12 atlet. Yang junior, pihaknya berharap, ke depan bisa berkembang jadi atlet yang andal dan profesional, serta bisa mewakili Kaltim di ajang regional maupun internasional.

“Semoga nantinya para atlet junior bisa jadi atlet Paramotor profesional, bisa mewakili Kaltim, khususnya Balikpapan pada even olahraga Paramotor di tingkat regional maupun internasional,” harapnya.

Wakil Ketua Paramotor FASIDA Kaltim yang juga Ketua Dandito Team, Rudi Setiawan mengatakan, total ada 12 atlet Paramotor baru yang menerima penyemangat wing penerbang Paramotor di bawah binaan FASIDA Kaltim. Ke-12 atlet Paramotor tersebut adalah Dandy Aviadien Putra, M. Fadlan. A, M. Fachmi, Amhar, Rusdiansyah S.Pd, Karmila, Merdiansyah, Wawan Satriawan, Anggi Pratama, Angga Julian dan Firnandho Vhan Jhovy.

“Atlet Paramotor yang menerima wing penerbang ini berasal dari 7 atlet Balikpapan, 1 atlet Kutai Barat (Kubar) dan 4 atlet dari anggota TNI AU Lanud Dhomber. Yang satu atlet asal Kubar ini wanita yakni bernama Karmila,” jelasnya.

Rudi sapaan akrabnya menambahkan, olahraga Paramotor ini berkolaborasi dengan Disporabudpar Balikpapan karena tempat rekreasi kalau tanpa atraksi kurang menarik.

“Jadi ini salah satu atraksi di tempat rekreasi, terutama di Pantai Manggar ini yang membuat pantai ini banyak dikunjungi orang lagi,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Balikpapan dr. Tjokorda Ratih Kusuma mengatakan, Disporabudpar Balikpapan sangat mendukung keberadaan olahraga Paramotor ini, khususnya di Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan.

“Tak hanya Disporabudpar Balikpapan, dukungan terhadap olahraga Paramotor ini tentunya juga diberikan oleh stakeholder yang ada seperti Lanud Dhomber Balikpapan, Rudi Setiawan selaku owner Restoran Kepiting Dandito, serta lainnya,” ujarnya.

Sedangkan, atlet Paramotor dari Dandito Team, Dandi Aviadien Putra mengaku bangga bisa menjadi bagian dari tim olahraga dirgantara yakni Paramotor. Terlebih, setelah resmi menerima penyematan wing penerbang yang notabene resmi menjadi pilot Paramotor.

“Senang dan bangga ya bisa lulus dan bergabung di tim ini, menerima wing penerbang Paramotor di Dandito Team setelah beberapa bulan sebelumnya telah mengikuti latihan dan uji terbang menggunakan Paramotor,” ujar Dandy.

Sebagai atlet Paramotor di bawah naungan FASI Daerah Kaltim, dirinya berharap ke depan bisa menjadi atlet Paramotor profesional dan berkiprah di even olahraga tingkat nasional hingga tingkat internasional.

“Sebagai atlet Paramotor tentu saya berharap ke depan bisa menjadi atlet Paramotor profesional yang bisa membawa nama Kota Balikpapan di tingkat nasional maupun internasional,” paparnya.

Sebelum penyematan wing penerbang Paramotor, dilaksanakan kegiatan lainnya yakni bersih-bersih pantai dan senam bersama di bibir Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan.

Nama-nama atlet Paramotor yang menerima wing penerbang dari Ketua FASIDA Kaltim:

1. Dandy Aviadien Putra (Balikpapan)
2. M. Fadlan. A. (SMKN 1 Balikpapan)
3. M. Fachmi (SMKN 1 Balikpapan)
4. Amhar (Balikpapan)
5. Rusdiansyah S.Pd (Balikpapan)
6. Karmila (Kutai Barat)
7. Merdiansyah (Balikpapan)
8. Wawan Satriawan (Lanud Dhomber)
9. Anggi Pratama (Lanud Dhomber)
10. Angga Julian (Lanud Dhomber)
12. Firnandho Vhan Jhovy (Lanud Dhomber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: