DPRD
Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Parlindungan Sihotang

Dewan Minta Pemkot Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – DPRD Kota Balikpapan meminta Pemkot Balikpapan meningkatkan pelayanan Kesehatan di Kota Balikpapan. Upaya ini haru dilakukan untuk mewujudkan program kerja Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di bidang Kesehatan salah satunya dengan memberikan BPJS Kesehatan gratis untuk warga yang terdaftar pada kelas 3.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Parlindungan Sihotang mengatakan, Pemerintah Kota Balikpapan pada masa pemerintahan Wali Kota Rahmad Mas’ud telah memprogramkan BPJS Kesehatan gratis untuk warga yang terdaftar pada kelas 3.

“Tentunya, DPRD Balikpapan sebagai pengawas berharap program yang telah berjalan ini bisa tepat sasaran dan tak bermasalah,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

Dikatakannya, dalam pelaksanaannya, program ini sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Balikpapan ini harus ditingkatkan. Hal ini juga sejalan dengan program BPJS Kesehatan gratis tersebut.

“Tidak semua masyarakat menggunakannya sesuai dengan peruntukannya, contohnya saja, ada oknum warga yang terbilang mampu, mereka memanfaatkan data mereka yang terdaftar pada BPJS Kesehatan untuk keperluan transaksi,” ucapnya

“Jadi dipakai untuk memenuhi persyaratan untuk keperluan bisnis, seperti membeli rumah misalnya,” tambahnya.

Parlindungan menyarankan, pendaftaran peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini harus tepat menyasar masyarakat tidak mampu.

“Harus ada proses khusus untuk memastikan hal tersebut,” tegasnya.

Parlindungan menjelaskan, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya juga harus diimbangi dengan upaya mendekatkan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Satu kelurahan satu Puskesmas misalnya, sehingga hal ini dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dengan cepat dan tepat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *