Dewan Sebut Konflik Jalan Tol Temui Titik Terang

Balikpapan, Gerbangkaltim.com -Penyelesaian ganti rugi tanah masyarakat yang ada di Kawasan Hutan Lindung Sungai Manggar (HLSM) dan terkena proyek Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) kilometer 6, seksi V, mulai mendapati titik terang.

Pada rapat koordinasi yang dilakukan Pemkot Balikpapan, Kantor ATR/BPN Kota Balikpapan, Kodim 0905/Balikpapan, Polresta Balikpapan dan 16 warga RT 37, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, disepakati opsi damai.

“Ada beberapa hal yang di sampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) bahwa beliau akan berusaha mendorong untuk menyelesaikan permasalah ini, ” ujar Anggota DPRD kota Balikpapan Simon Sulean di kantor DPRD kota Balikpapan, Kamis (10/3/2022).

Simon menyampaikan, pemerintah kota saat ini telah membentuk tim identifikasi di lokasi untuk meninjau lapangan dan mendatangkan kedua belah pihak agar bisa dipertemukan. Karena selama ini belum pernah dipertemukan.

“Pemerintah kota mengambil inisiatif untuk menangani ini untuk menemukan kedua belah pihak dan tentu di sini keputusan juga tetap ada di BPN Kota Balikpapan,” ucapnya.

Simon menyebut Kepala Kakanwil BPN akan menyelesaian permasalahan ini agar warga tidak melakukan penutupan jalan tol yang berakibat menganggu lalu lintas jalan tol.

“Saat ini masih tahap negosiasi kedua belah pihak belum ada keputusannya sampai sekarang,” ucapnya.

Upaya perdamaian yang difasilitasi pemerintah disebut sebagai langkah efektif untuk mengurai permasalahan ini, lanjut Simon, kesepakatan warga disatu sisi pihak lain tidak menginginkan adanya mediasi tetapi pemerintah berupaya mempertemukan kedua belah yang menguasai kepemilikan tanah.

“Apakah kedua belah pihak sepakat untuk mediasi atau tidak, Ini masih sementara tahapnya, pemerintah mempertemukan mereka,” jelasnya.

Pemkot Balikpapan telah meninjau ke lapangan dan mempertemukan BPN Balikpapan bersama Kanwil BPN dengan warga lahan tol balsam untuk memberikan win solution.

“Jadi ini yang sampai sekarang belum selesai masih bertahap jadi dipanggil berkelompok,” ucapnya.

Sementara berproses, Simon menyampaikan setelah adanya pertemuan dan Pemkot turun kelapangan meninjau lokasi, penutupan jalan tol Balsam telah dibuka hingga sekarang sambil menunggu keputusan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: