Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Polsek Balikpapan Utara berhasil meringkus seorang pria yang melakukan penipuan dengan modus bisa mempekerjakan orang ke proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Balikpapan.

“Pelaku berinisal VHS berhasil kita tangkap di rumahnya di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Km 3 Balikpapan Utara, “ ujar Kapolsek Balikpapan Utara, AKP Bitab Riyani, Selasa (4/10/2023).

Bitab menjelaskan, kejadiannya bermula saat korban bernama Jhonson Pardamean Sitompul warga Balikpapan memposting dirinya di media sosial membutuhkan pekerjaan.

“Korban sudah lama menganggur dan butuh kerjaan, sehingga memposting dirinya di FB butuh pekerjaan,” ungkap Bitab.

Melihat postingan tersebut, katanya, pelaku menghubungi korban dan berjanji bertemu di suatu tempat di kawasan Balikpapan Utara.

Setelah korban dan pelaku bertemu, kataya, keduanya kemudian berbincang-bincang, selanjutnya pelaku kemudian mengungkapkan meminjam motor hinda vario milik korban untuk mengurus sesuatu untuk kelancaran pekerjaan yang akan diberikannya.

“Pelaku pinjam motor korban dan fotocopy stnknya, alasannya untuk memperlihatkan jaminan buat pekerjaan yang diberikan,” paparnya.

“Setelah itu, pelaku menggunakan motor korban pergi, korban menunggu pelaku. Namun beberapa lama ditunggu pelaku tidak muncul, bahkan hingga berhari-hari, akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke polisi,” ucapnya.

Petugas Kepolisian Polsek Balikpapan Utara, katanya, kemudian memburu pelaku dan berhasil menangkap pelaku di rumahnya.

“Dari keterangan pelaku, motor sempat dijualnya seharga Rp5 juta, uang digunakan untuk keperluan sehari-hari,” paparnya.

Pelaku VHS mengatakan, aksi penipuan ini baru pertama kali dilakukannya karena terdesak kebutuhan hidup.

“Uang hasil penjualan motor saya belikan pakaian dan buat kebutuhan sehari-hari mas,” sesalnya.

Share.
Leave A Reply