DP3Balikpapan Gelar Bazar Toko Tani Untuk Penuhi Kebutuhan Warga

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan menggelar Bazar Toko Tani Kota Balikpapan. Dimana kegiatan ini akan digelar pada Senin 11 hingga Kamis 28 April 2022 mendatang

Bazar murah ini akan dibuka mulai pukul 08.30 hingga 11.30 Wita. Berlokasi di halaman Kantor Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, Jalan Marsma Iswahyudi, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan.

Kepala DP3 Kota Balikpapan, Heria Prisni mengatakan, bazar ini bertujuan untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Terutama bahan pokok, pada bulan Ramadan ini.

“Setiap tahun sebenarnya program ini. Tapi dua tahun kemarin, karena pandemik kami tidak mengadakan besar-besaran. Tahun ini kami laksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” ujarnya, Minggu (10/4/2022).

Heria menambahkan, beberapa komoditas yang tersedia diantaranya sayur-mayur, daging sapi, telur, ayam potong, serta hasil-hasil pertanian dari petani yang ada di Kota Balikpapan.

“Untuk hasil pertanian ini nanti dijual oleh petani langsung. Sementara daging akan dijual pemotong,”ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu petani maupun masyarakat bisa bertransaksi secara langsung.

“Silakan datang mulai Senin besok, 11 hingga 28 April ya. Selain itu juga ada beras lokal dengan harga terjangkau hanya Rp 50 ribu per 5 kilogram. Beras ini dari Balikpapan dan Kutai Kartanegara yang melalui Toko Tani Samarinda,” jelasnya.

Heria memastikan beras akan lebih murah. Terlebih hasil tani yang langsung dijual oleh petaninya.

“Karena kan petani langsung ke pembeli,” ucapnya.
Heria mengimbau masyarakat untuk berkunjung di bazar ini. Karena menyediakan berbagai kebutuhan pokok bagi masyarakat Balikpapan dengan harga produsen.

“Daging kami siapkan juga, tapi karena mempertimbangkan higienitas kami persilakan masyarakat untuk memesan dulu nanti,” ungkapnya.

Terkait kebutuhan akan daging sapi dan ayam di kota Balikpapan meningkat. namun menurut Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan stok daging sapi dan ayam tersebut cukup untuk kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri.

“Untuk stok daging di Balikpapan ini cukup aman, kemarin kita ada pertemuan, ke beberapa distributor, ada Kulina, Agro Boga, untuk daging sapi, kalau ayam ada Puri Pangan sama Saliman, mereka juga sudah mendatangkan untuk persiapan Lebaran, jadi sudah cukup banyak secara terhitung,” paparnya.

Para distributor ini sudah mendatangkan stok yang banyak untuk daging sapi beku, tidak main-main mereka sampai mendatangkan 40 ribu ton daging sapi beku untuk memenuhi kebutuhan daging di Kota Balikpapan.

“Kalau yang daging sapi mereka yang di Kulina dan Agro Boga cukup banyak, biasanya mereka bisa sampai 40 ribu ton daging sapi,”ujarnya.

Selain itu, ada juga stok daging kerbau dari Bulog, yang angkanya juga sebanyak 40 ribu ton. Menurut Heria masyarakat Balikpapan sudah familiar dengan daging kerbau.

“Terus belum lagi yang Bulog dia daging kerbau tapi kan itu biasanya orang bisa mengkombain antara daging sapi dan daging kerbau, kerbau lebih murah dan di Balikpapan mereka sudah familiar dengan daging kerbau. Bulog juga 40 ribu ton, dia agak rutin pengirimannya, dibanding Agro Boga dan Kulina, Bulog hampir tiap bulan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: