wisata
Pantai Segara Sari Manggar salah satu obyek wisata bahari yang ada di Kota Balikpapan, Kamis (21/7/2022).

DPOP Kota Balikpapan Akan Kembangkan Wisata Bahari

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan berencana akan mengembangkan sejumlah obyek wisata bahari yang ada di kota Balikpapan.

Upaya ini dilakukan untuk menarik wisatawan lokal maupun luar daerah. Sehingga bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Balikpapan.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Abdul Majid mengatakan, wisata bahari yang ada di teluk kota Balikpapan sangat berpotensi untuk menarik wisatawan lokal mau luar daerah. Sehingga pada gilirannya akan bisa menambah PAD Kota Balikpapan.

“Saat ini pihaknya tengah melakukan pengurusan izin kapal, pembuatan dermaga atau pelabuhan untuk kapal yang nantinya akan mengangkut wisatawan,” ujarnya, Kamis (21/7/2022).

Majid menambahkan, nantinya wisatawan datang ke Balikpapan juga dapat melihat berbagai macam satwa apa saja yang ada disepanjang teluk balikpapan, saat melakukan wisata bahari.

“Kita juga berencana akan bekerjasama dengan investor untuk mengembangkan wisata bahari yang ada di kota Balikpapan,” ungkapnya.

Sebagai penyangga ibu kota negara (IKN), karanya, Kota Balikpapan juga harus menyiapkan sarana untuk tempat wisata, hal itu untuk masyarakat lokal maupun luar daerah. Sehingga kota Balikpapan dapat di kenal melalui wisatanya, khususnya wisata bahari.

“Jadi nanti kita akan melakukan ujicoba terlebih dahulu, sebelum diperkenalkan kepada wisatawan. Sehingga nanti kita akan menyusuri teluk Balikpapan dengan menggunakan kapal. Ujicoba ini akan kita lakukan dalam waktu dekat ini,” paparnya.

Menurutnya, kapal yang akan digunakan untuk ujicoba ini, akan menampung sebanyak 60 penumpang. Namun saat ini kapal yang akan digunakan akan untuk ujicoba masih berada di Makassar.

“Untuk waktu perjalanan untuk wisata bahari ini, diperkirakan kurang lebih dua jam setengah, pulang dan pergi,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *