bandara
Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam rangkaian kegiatan G20 yang akan dilakasanakan di Denpasar – Bali mulai tanggal 10 November 2022 s.d 20 November 2022, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan gelar kegiatan Airport Security Comittee (ASC) bersama seluruh komunitas Bandara. Rabu (9/11/2022).

Dukung Kegiatan G20, Bandara Sama Sepinggan Gelar Airport Security Comitte

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam rangkaian kegiatan G20 yang akan dilakasanakan di Denpasar – Bali mulai tanggal 10 November 2022 s.d 20 November 2022, Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan gelar kegiatan Airport Security Comittee (ASC) bersama seluruh komunitas Bandara.

Pelaksanaan ASC yang ke III di tahun 2022 kali ini, merupakan ketentuan yang diamanahkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 211 Tahun 2020 yang wajib diselenggarakan 4 kali dalam setahun. Yang mengagendakan pembahasan perubahan Airport Security Programme sekaligus merupakan persiapan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam mendukung Pelaksanaan KTT G20.

Bertempat di Gedung Serba Guna Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Pelaksanaan ASC dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan diantaranya, General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Timur, Komandan Pangkalan TNI AU Lanud Dhomber Balikpapan, Kepala Kepolisian Resort Kota Balikpapan, Komandan Komando Distrik Militer Balikpapan, Komandan Satuan Radar 223 Balikpapan, Kepala Kantor Custom Immigration & Quarantine, Kepala Stasiun Meteorologi Balikpapan, Kepala Biro Umum Sekretariat Dearah Prov. Kalimantan Timur, Ketua Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme Kalimantan Timur, General Manager Airnav Balikpapan, Kepala Unit Pelayanan Informasi Aeronautika (PIA) wilayah Balikpapan termasuk Perwakilan Airlines maupun Ground Handling di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Pada kesempatan rapat koordinasi ASC tersebut Rika Danakusuma, General Manager Bandara SAMS Sepinggan dalam sambutannya menggaris bawahi bahwa “Seperti yang telah kita ketahui bersama, Security bukan hanya menjadi salah satu fokus dalam kegiatan penyelenggaraan Operasional Penerbangan, lebih dari itu, yaitu merupakan kelengkapan utama yang penting, sekaligus menjadi sarana meningkatkan kemampuan pada pelaksanaan koordinasi serta komunikasi, yang harus terus dijalin dan dikembangkan,” ujarnya.

Secara khusus Rika menyampaikan perubahan jam operasional Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dari yang semula mulai pukul 06.00 WITA – 21.00 WITA menjadi 24 jam, terhitung sejak tanggal 10 November 2022 sampai dengan tanggal 18 November 2022.

“Dan untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut kami juga akan menyiapkan Posko Monitoring kegiatan G20 di Bandara, mulai tanggal 10 November 2022 – 20 November 2022” lanjut Rika.

Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII, Ambar Suryoko yang hadir pada rapat tersebut dalam sambutannya menyampaikan, terkait dengan kegiatan ASC kami memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan pengelola Bandara. Meskipun tidak menjadi tuan rumah kegiatan KTT G20 namun kita harus tetap melakukan persiapan dan dukungan semaksimal mungkin.

“Karena kegiatan yang diselanggarakan kali ini begitu penting serta dinamis dan menjadi tantangan tersendiri, sehingga apapun yang akan terjadi nantinya kita semua sudah memiliki kesiapan apabila sewaktu-waktu terjadi perubahan dalam rangkaian kegiatan tersebut,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *