Pemkot
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Silvi Rahmadina

FPRB Solusi Percepat Bantuan untuk Korban Bencana

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan berharap forum pengurangan resiko bencana bisa jadi solusi mempermudah bantuan yang akan disalurkan bagi korban bencana.

Tugas FPRB, menurut Perka BNPB No 1/2012, lebih banyak di kelurahan sesuai dengan namanya Kelurahan Tangguh Bencana. Hal itu disebabkan karena yang mempunyai wilayah adalah kelurahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Silvi Rahmadina mengatakan, cara kerja forum nantinya mereka memiliki keleluasaan untuk melakukan pengelolaan dana sosial itu.

“Forum ini bisa mengumpulkan dana sosial untuk kebencanaan yang tidak terlibat dengan undang-undang keuangan pemerintah kota agar terarah dan terorganisir. Sambil berjalan natinya kami akan melakukan penguatan-penguatan,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

BPBD Balikpapan, katanya, masih membuat kajian yang sudah berjalan sehingga nantinya bisa jadi rujukan bantuan seperti apa akan diberikan. Kalau nantinya forum sudah terbentuk akan melibatkan semua elemen masyarakat mulai dari pengusaha dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk bantuan korban bencana itu pemerintah telah menyediakan tetapi proses pertanggungjawaban ada tahapan-tahapan yang mesti dilalui dalam prosesnya.

“Paling tidak pemerintah hanya bisa memberi makan minum. Esensinya bagaimana dengan adanya forum ini bisa membantu dengan cepat, ” jelasnya.

Sementara itu, Camat Balikpapan Kota Rosin Suparlan mengatakan, terbentuknya FPRB di Kecamatan Balikpapan Kota tentunya sangat berguna dalam membentuk kesiapsiagaan masyarakat di wilayah kecamatan, demi terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana secara terarah, terencana, terpadu, dan terkoordinasi.

“Diharapkan dengan terbentuknya forum tersebut, dapat membantu mengatasi permasalahan risiko bencana di Kecamatan Balikpapan Kota, terutama dapat membantu mensosialisasikan pencegahan bencana, penanganan bencana, serta penanganan pascabencana, sehingga masyarakat dapat terbantu dengan baik dan sesuai harapan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *