Harga Cabai Tembus Rp140 Ribu Perkilogram, Wali Kota Sidak Pasar

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menggelar sidak pasar dan retail terkait harga bahan kebutuhan pokok menjelang libur Natal dan Tahun Baru Tahun 2022. Salah satu bahan kebutuhan pokok yang melonjak adalah cabai yang mencapai Rp140 Kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Klandasan, Rumiyati, mengatakan harga cabai saat ini melonjak drastis, yakni Rp140 ribu per kilogramnya. Kenaikan ini berlangsung sejak empat hari lalu. Hingga kini harga cabai masih naik lantaran stok cabai asal Sulawesi berkurang.

“Cabai sekarang Rp 110 ribu per kilo, dijualnya Rp 130 ribu kadang Rp 140 ribu. Ini sudah empat harian ini naiknya,” ujarnya.

Kenaikan harga disebabkan ini juga disebabkan terjadinya musibah banjir yang melanda daerah penghasil cabai di Pulau Jawa. Adapun pasokan yang tersedia saat ini, merupakan hasil tani asal Sulawesi.

“Waktu harga di bawah Rp50 ribu per Kg, pasokan dari Surabaya masih ada. Tapi sejak harga di atas itu, pasokan dari Surabaya enggak ada lagi. Semua dari Sulawesi,” ujarnya.

Walikota Balikpapan Rahmad Masud bersama DPRD dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Balikpapan pun langsung melakukan inspeksi terkait harga kebutuhan pangan tersebut.

Selain pasar tradisional Klandasan, rombongan juga mendatangi ritel modern, yakni Hypermart di Balikpapan Trade Center (BTC) dan Lotte Mart di Jalan Ruhui Rahayu.

“Kita melihat tadi memang setiap tahun terjadi kenaikan, tapi tidak semua komoditas, yang kami temui di dalam yang sedikit melonjak adalah harga cabai,” ujar Rahmad Masud.

Kendati demikian, pemerintah kota Balikpapan ingin masyarakat tetap tenang dalam menghadapi lonjakan harga yang terjadi musiman.

“Pemkot bersama jajaran terus memantau situasi, keamanan maupun perdagangan salah satunya bahan pokok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *