walikota
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud inspektur upacara bendera Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Sabtu (1/10/2022)

Hari Kesaktian Pancasila Dilaksanakan Dengan Upacara Bendera

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menggelar upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 mengambil tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Kegiatan ini dilaksankan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan dengan inspektur upacara Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Sabtu (1/10/2022)

Upacara bender aini juga dihadiri unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Plh Sekda, serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam sambutanya pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan tiap tahun gunanya mengingatkan para generasi muda untuk tidak lupa akan Pancasila yang merupakan ideologi bangsa yang tentunya harus diwariskan kepada mereka.

“Cinta NKRI dan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama yang tertuang dalam Pancasila,” ujar Rahmad Mas’ud, Sabtu (1/10/2022).

Rahmad mengatakan, generasi muda mampu menunjukan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, khususnya pada hari kesaktian pancasila terima kasih kepada jasa pahlawan yang telah gugur menpertahankan pancasila sebagai ideologi bangsa, sehingga diharapkan dapat diturunkan ke generasi muda untuk lebih paham dengan ideologi Pancasila.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono, upaya yang bisa dilakukan dalam melestarikan nilai-nilai sejarah.

Yakni dengan mempertahankan ideologi bangsa, karena dengan Pancasila bisa menjawab semua tantangan baik yang mengancam kesatuan negara maupun tantangan di era digitalisasi.

“Termasuk bagi generasi muda untuk cinta tanah air dan ideologi bangsa,” tegasnya.

Hari Kesaktian Pancasila jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Peringatan ini dilakukan sehari setelah peringatan pemberontakan Gerakan 30 September atau G30S PKI yang terjadi pada 1965. Para tokoh yang gugur dalam peristiwa tersebut kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi dan memperoleh kenaikan pangkat serta pangkat anumerta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *